PWI Barsel Narasumber Sosialisasi Pengawasan Pemilu yang Digelar Bawaslu

, BUNTOK – Dalam rangka mendukung suksesnya pelaksanaan Pengawasan Tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2024, Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten (Barsel) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu, terkait Pemuktahiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Menghadapi Pemilihan Serentak dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024.

Kegiatan Sosialisasi yang di inisiasi oleh menghadirkan beberapa Narasumber, seperti dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) setempat yang dihadiri Ketua PWI, Julius M. Sinaga, Kepala Dinas Dukcapil serta dari internal Bawaslu sendiri.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para peserta yang diantaranya dari pihak Polres Barsel, 1012/BTK, perwakilan partai politik, pemuka agama, mahasiswa serta siswa SMA dan , hingga unsur lapisan masyarakat lainnya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Barsel, Suwarsono menjelaskan terkait Sosialisasi Pemuktahiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Menghadapi Pemilihan Serentak Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024 Kabupaten Barito Selatan supaya memastikan agar hak pilih masyarakat dapat terjaga dalam memilih pemimpin daerah sesuai aspirasi.

“Proses pemutakhiran dan penyusunan data pemilih harus diawasi karena pemutakhiran dan penyusunan data pemilih yang baik, akan memberikan dampak yang sangat besar kepada terjaganya hak pilih bahkan pemutakhiran dan penyusunan data pemilih yang baik nantinya oleh KPU akan ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap atau DPT, itu akan mempengaruhi terhadap proses pelaksanaan pembentukan TPS, proses pelaksanaan percetakan surat suara dan lainnya,” ucap Suwarsono.

Di kesempatan yang sama, Ketua PWI Barsel, Julius M. Sinaga mengatakan, berperan penting dalam menyukseskan gelaran pemilihan umum 2024 mendatang. Menurutnya, peran itu antara lain sebagai penyebar informasi serta turut serta dalam mengawasi penyelenggaraan pemilu yang adil transparan, serta berintegritas melalui pemberitaan yang bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik.

“Peran Pers sangat penting pada Pemilu tahun 2024, karena Pers sebagai pilar keempat Demokrasi tentu juga punya tanggung jawab yang besar demi suksesnya pemilihan umum 2024 mendatang. PWI Kabupaten Barsel terkhusus juga, berkomitmen untuk turut serta dalam memberikan edukasi serta sosialisasi kepada masyarakat melalui pemberitaan yang berimbang sesuai Kode Etik Jurnalis,” kata Julius.

Ia menerangkan, mengapa pemberitaan Media Massa sangat penting dalam menjaga Pemilu agar proses pemilihan kepemimpinan di lembaga eksekutif serta legislatif terselenggara dengan baik, karena Pers melalui produk Jurnalistiknya sangat penting sebagai jembatan informasi dan kontrol sosial. Bahkan di zaman serba modern, serba digital, juga menjadi celah informasi yang menyesatkan memasuki tahun Pemilu.

“Peran Media Pers berperan sangat penting sebagai penyampai informasi yang akurat, sekaligus penangkal berita yang biasanya massif tersebar saat pemilu berlangsung, maka dari itu, PWI Barsel berkomitmen mendukung suksesnya Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Barsel,” pungkasnya. (lam)