Sekda Lepas Dua Paskibraka Kalteng Jadi Tim Pengibar Bendera di IKN

BALANGANEWS, – Sekretaris Daerah (Sekda) Kalimantan Tengah (Kalteng), H. , mewakili Gubernur Kalteng, melepas Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka () Tingkat Pusat Tahun 2024 yang berasal dari Provinsi Kalteng.

Acara pelepasan ini berlangsung di Ruang Rapat Bajakah, Kantor Gubernur Kalteng pada Kamis (11/7/2024).

Sekda Nuryakin memberikan apresiasi berupa penghargaan senilai Rp5 juta kepada Paskibraka terbaik tingkat Provinsi Kalteng tahun 2024. Dia berharap kedua Paskibraka ini bisa membawa nama baik Kalteng di tingkat nasional.

“Kalteng telah berhasil menjadi pengibar bendera pusaka pembawa baki dan pengibar selama dua tahun berturut-turut pada 2022 dan 2023. Saya berharap calon dari Kabupaten dan Kota Palangka Raya dapat terus mengharumkan nama Kalteng,” ucapnya.

Kedua calon tersebut akan menjadi bagian dari tim pengibar bendera di Ibu Kota (IKN), sebuah kehormatan yang mereka emban dengan penuh tanggung jawab.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan (Kesbangpol) Provinsi Kalteng, Katma F. Dirun, dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan pemusatan dan pelatihan Paskibraka Tingkat Pusat 2024 adalah untuk membentuk generasi penerus perjuangan bangsa dan calon pemimpin yang memiliki karakteristik jiwa dan semangat Pancasila serta UUD 1945.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan menanamkan dan menumbuhkan semangat patriotisme dan nasionalisme, serta menciptakan agen perubahan dalam melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

diharapkan telah berada di lokasi kegiatan pada tanggal 12 Juli 2024, dan akan kembali ke daerah masing-masing pada tanggal 23 Agustus 2024,” tambahnya.

Riyad Al Hamdani, Paskibraka utusan Kalteng dari Kabupaten Sukamara, berharap dapat sukses dalam menjalankan tugasnya di IKN.

“Saya ingin menjadi bagian dari pasukan 8, pasukan penggerek,” unar Riyad.

Rekan seangkatannya, Alysia Noreen Ramadhani, Paskibraka utusan Kalteng dari Kota Palangka Raya, juga berharap dapat berada di posisi pasukan 8 penggerek bendera pada upacara 17 Agustus nanti.

“Semoga saya dan Riyad terpilih menjadi bagian dari pasukan 8,” harapnya. (asp)