Wagub Kalteng Pimpin Upacara HUT ke-65 Kabupaten Barito Selatan

, – Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (Kalteng), H. , memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 Kabupaten Barito Selatan yang berlangsung di Kantor Bupati Barito Selatan, Sabtu (21/9/2024).

Pada kesempatan ini, tema yang diusung adalah “Bersama Berkarya Mewujudkan Barito Selatan yang Maju dan Sejahtera.”

Dalam sambutannya, Wagub Edy Pratowo, mewakili Gubernur Kalteng, mengucapkan selamat kepada Kabupaten Barito Selatan. “Semoga daerah ini semakin maju dan masyarakatnya semakin sejahtera,” ujarnya.

Wagub juga menyampaikan apresiasi kepada Pj. Bupati Barito Selatan dan seluruh jajaran atas berbagai prestasi yang telah dicapai.

Beberapa prestasi tersebut termasuk kembali meraih
Opini dari BPK RI untuk laporan keuangan tahun 2023, menerima insentif fiskal karena sukses mengurangi kemiskinan ekstrem, penghargaan Akuntabilitas Kinerja Predikat B, dan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) 2024.

Dari segi pembangunan, Wagub mencatat beberapa peningkatan indikator di Barito Selatan. Persentase penduduk miskin turun menjadi 4,72 persen dari 4,88 persen di tahun sebelumnya, dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat menjadi 74,01 dari 73,45 di tahun 2022.

“Capaian ini merupakan hasil kerja keras seluruh jajaran pemerintah kabupaten yang fokus pada pelayanan publik dan pembangunan daerah,” jelas Wagub.

Ia berharap momen HUT ini tidak hanya menjadi acara seremonial, tetapi juga menjadi ajang untuk memperkuat semangat kerja bersama dalam membangun Barito Selatan dan Kalteng.

Selain itu, Wagub juga menyinggung tantangan global seperti cepatnya perubahan zaman, geopolitik global yang tidak pasti, perubahan iklim, dan krisis pangan.

“Kunci untuk menghadapi tantangan ini adalah membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang sehat, unggul, dan berdaya saing,” tegasnya.

Oleh karena itu, sambung Wagub, sektor-sektor penting seperti pangan, , , infrastruktur, dan UMKM harus menjadi fokus pembangunan.

Dalam hal pangan, beber Wagub, Kalteng telah dipercaya oleh pemerintah pusat untuk menjalankan Program dan optimasi lahan serta cetak sawah. Kabupaten Barito Selatan sendiri diharapkan berkontribusi dalam program cetak sawah dengan target 68 ribu hektare.

Wagub juga menekankan pentingnya percepatan Sistem Berbasis Elektronik (SPBE) untuk memberikan pelayanan publik yang lebih cepat, responsif, dan transparan.

Terkait perubahan cuaca ekstrem, meskipun diprediksi menuju La Nina, Wagub mengingatkan pentingnya kesiapsiagaan terhadap potensi bencana seperti kebakaran hutan dan banjir.

Mengakhiri sambutannya, Wagub mengajak seluruh masyarakat untuk sukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 November 2024, termasuk Pilkada di Barito Selatan.

“Mari kita jaga kerukunan, keamanan, dan keharmonisan,” pungkasnya. (asp)