Ketua TP-PKK Kalteng Buka Pasar Murah di Gunung Mas, Tekankan Pentingnya Cegah Stunting

BALANGANEWS, GUNUNG MAS – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), , membuka kegiatan di Rumah Jabatan Bupati Gunung Mas pada Sabtu (21/9/2024).

Acara ini diadakan untuk membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

Dalam sambutannya, Ivo Sugianto Sabran menyampaikan bahwa pasar murah ini adalah bentuk kepedulian dari Gubernur H. Sugianto Sabran dan jajaran Kalteng.

“Bantuan ini untuk memastikan masyarakat bisa mendapatkan sembako dengan harga murah dan juga sebagai bentuk silaturahmi dengan masyarakat Kalteng, termasuk di Kabupaten Gunung Mas,” ujarnya.

Selain membuka pasar murah, Ivo juga mengingatkan pentingnya peran pemangku kepentingan dan pemuka agama dalam mensosialisasikan pencegahan di Kabupaten Gunung Mas.

Ia menekankan pentingnya pendewasaan usia perkawinan anak sebagai salah satu upaya mengurangi stunting, terutama karena Kabupaten Gunung Mas saat ini menjadi yang terendah dalam prevalensi stunting di Kalteng.

“Pendewasaan usia perkawinan adalah langkah penting untuk melindungi hak-hak anak dan memastikan mereka memiliki masa depan yang lebih baik,” kata Ivo.

Ia menambahkan, untuk perempuan idealnya menikah di usia 21 tahun, dan laki-laki 25 tahun. “Jika anak di bawah umur menikah, mereka belum siap secara fisik maupun mental, sehingga kita harus berperan aktif agar angka stunting tetap rendah di Kalteng, khususnya di Gunung Mas,” imbuhnya.

Ivo juga berbagi informasi tentang program gratis dari Gubernur Kalteng untuk 10.000 masyarakat kurang mampu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Strata 1.

“Kami sudah bekerja sama dengan beberapa universitas seperti UPR, , dan UNKRIP untuk memberikan kuliah gratis,” jelasnya.

Selain itu, ada juga program Tabe (Tabungan Beasiswa Berkah) yang menyediakan bantuan pendidikan sebesar Rp7,5 juta per tahun untuk anak-anak yang ingin kuliah.

“Ini adalah komitmen kami untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kalteng,” tambah Ivo.

Ia juga menjelaskan bahwa bagi mahasiswa yang berkuliah di Palangka Raya, Gubernur memberikan sembako gratis setiap dua bulan, termasuk daging dan ayam, untuk membantu meringankan beban mereka.

Pj. Bupati Gunung Mas, Herson B Aden, dalam laporannya menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas kunjungan Ketua TP- dan jajaran.

“Kami sangat bersyukur masyarakat kami bisa menikmati pasar murah ini, terima kasih atas dukungan dari Ibu Ketua TP-PKK dan ,” tuturnya. (asp)