ODGJ yang Sempat Meresahkan Telah Diamankan

2011

, BUNTOK – Ditakutkan bakal kembali menimbulkan keresahan di tengah masyarakat kota Buntok, Kapolsek Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan, IPTU Tonie bersama sejumlah anggota dan instansi lintas sektoral lainnya turun langsung ke lapangan untuk menangani seorang pria penderita Orang Dalam (ODGJ).

Diterangkan oleh Tonie, sejumlah anggota gabungan antara Polsek dan Kabupaten mendatangi laporan warga bahwa ada ODGJ yang merupakan warga , Kecamatan Dusun Selatan berinisial SB yang mengambil barang-barang di pasar plaza beringin Buntok tanpa dibayar, hal ini kemudian membuat para merasa takut dan merasa khawatir.

Diceritakan Tonie, setelah menerima laporan itu, pihaknya bersama sejumlah aparat dari instansi gabungan sempat mendatangi Plaza Beringin Buntok namun tidak menemukan SB.

Supaya permasalahan tersebut segera teratasi, lalu Kapolsek Dusun Selatan beserta piket SPKT tiga bersama piket Satpol PP Barsel mendatangi Kepala Desa Baru dan berkoordinasi.

“Dari koordinasi tersebut, Kepala Desa Baru serta Pemerintah Desa Baru selanjutnya membuat surat imbauan agar SB segera direhabilitasi ke rumah sakit jiwa Kalawa Atei ,” kata Kapolsek Dusel, IPTU Tonie, Jum’at (27/1/2023).

Sebelumnya, informasi mengenai kembali berkeliarannya SB ini, membuat masyarakat Kota Buntok dan Desa Baru serta sejumlah desa sekitarnya merasa resah.

Diduga SB acap kali datang ke Plaza Buntok dan mengambil barang-barang dagangan di toko-toko yang ada di Plaza tanpa membayar.

Bahkan kabar mengenai kembali berkeliarannya SB ini, menjadi salah satu isu paling trending di grup-grup jejaring masyarakat Barsel. Berdasarkan pantauan media, ada sejumlah postingan yang membahas masalah tersebut dengan jumlah pembaca dan komentar mencapai ribuan. (lam)