Disdukcapil Barsel Berlakukan IKD Bagi ASN

WhatsApp Image 2023 02 14 at 7.43.45 PM
Kepala Disdukcapil Barsel, Sabirin

, – Dinas dan Catatan Sipil (Disdukcapil) (Barsel) bakal memberlakukan Identitas Kependudukan Digital (IKD) bagi .

Kepala Disdukcapil Barsel, Sabirin mengatakan, IKD sudah diterapkan oleh pusat pada pertengahan tahun kemarin sesuai instruksi dari pusat karena masih tahap uji coba di kalangan internal pegawai Dukcapil.

“Kami telah melakukannya. Untuk tahap selanjutnya akan diberlakukan bagi seluruh ASN di lingkup ,” kata Sabirin, Selasa (14/2/2023).

Dalam waktu dekat, pihaknya akan menyiapkan Surat Edaran Pj Bupati ke seluruh SOPD terkait pelaksanaan penerapan IKD. Aplikasinya sementara ini hanya berlaku untuk ponsel berbasis android (OS).

“Namun dalam waktu 1-2 bulan kedepan akan tersedia bagi IOS dan lain-lain,” kata dia.

Setelah diinstal, yang bersangkutan harus melakukan aktivasi di Kantor Disdukcapil untuk scan barcode di sistem SIAK. Agar tidak mengganggu pelayanan publik, nanti pihaknya membuka loket khusus untuk aktivasi identitas kependudukan digital ini.

“Nanti e-KTP tidak lagi dalam bentuk fisik, manfaatnya untuk efisiensi . Artinya pusat tidak lagi mengeluarkan biaya cetak blangko e-ktp,” ucap dia.

Serta, lanjut dia, memberikan kemudahan semuanya data administrasi kependudukan dan lainnya seperti kartu dan kartu pegawai. Masyarakat umum akan mulai diberlakukan pada September 2023 atau saat Barsel Expo.(lam)