Pj Bupati Ingatkan Pentingnya Apel Bagi Pembangunan Daerah

, TAMIANG LAYANG – Penjabat (Pj) Bupati Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah, Indra Gunawan mengingatkan bahwa kegiatan Apel yang digelar pada setiap tanggal 17 ini bukan sekadar seremonial, melainkan memiliki nilai-nilai yang luhur dalam kehidupan bermasyarakat, berorganisasi, dan berkeluarga serta bagi daerah.

“Salah satu bukti keberhasilan yang nyata terjadi berkat adanya kebersamaan antar semua organisasi yang dibina yakni penyelenggaraan Serentak 2024 yang berlangsung dengan baik dan diakui sukses oleh masyarakat serta pemerintahan, Alhamdulillah, kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik, lancar, dan seluruh masyarakat dapat mengakuinya,” kata Pj Bupati Barito Timur, Indra Gunawan dalam amanatnya pada Apel Hari Kesadaran dan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional, di Halaman Kantor Bupati Barito Timur, Jumat (17/5/2024).

Saat ini kita telah memasuki tahapan pemilihan kepala daerah pada 27 November mendatang, karenanya, kata Indra Gunawan kitan selaku supaya semakin kompak, dan memberikan jaminan kepada masyarakat supaya dapat memilih pemimpin yang mampu melayani masyarakat dengan baik.

Ya pastinya bahwa pemimpin tersebut harus bisa bekerja keras demi kesejahteraan masyarakat, termasuk dalam bidang , dan bidang lainnya.

“Saya berpesan kepada ASN di lingkungan Kabupaten Barito Timur untuk tetap netral dan tidak terlibat dalam mendukung calon tertentu,” tegasnya.

Selain itu, Indra Gunawan mengingatkan pentingnya evaluasi dan koordinasi dalam setiap kegiatan, mulai dari desa, kecamatan, hingga tingkat kabupaten.

“Kita akan mengevaluasi kegiatan-kegiatan tersebut dari desa kecamatan sampai pemerintah kabupaten Barito Timur. Seluruh OPD dan camat desa harus melihat apa kekurangannya,” tambahnya.

Dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional, yang juga diperingati pada apel tersebut, Indra Gunawan mengajak seluruh ASN dan PTHL untuk mengingat kembali semangat perjuangan yang telah dilakukan oleh Budi Utomo pada tahun 1908.

“Mari kita implementasikan dengan kinerja yang sesuai dengan tugas pokok dan fungsi kita. Jangan menilai tugas orang lain, tapi fokus pada pekerjaan kita sendiri,” katanya.

Pj Bupati juga mengingatkan bahwa tahun ini sudah hampir setengah berjalan, sehingga penting untuk melihat kembali target dan pencapaian yang telah dilakukan. Ia menekankan pentingnya dukungan bagi pejabat yang baru dilantik serta evaluasi terhadap kinerja mereka.

Indra Gunawan juga menyoroti pentingnya pendapatan daerah yang masih perlu ditingkatkan.

“Instansi unit kerja yang terkait dengan pendapatan harus berdiskusi dan berkoordinasi agar pendapatan tersebut dapat naik. Kenaikan pendapatan tersebut sudah dimulai pada bulan Februari tahun ini dengan menggunakan sistem elektronik,” jelasnya.

Ia juga mengajak semua instansi untuk melengkapi dan mengupdate data yang ada, sehingga setiap kebijakan dan program yang dijalankan dapat berjalan efektif dan efisien.

“Saya minta seluruh instansi melengkapi data dan setiap tiga bulan dievaluasi oleh Menteri Dalam Negeri terkait bidang pemerintahan,” katanya.

Pj. Indra Gunawan menutup sambutannya dengan harapan agar momen penting ini menjadi tonggak optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan dalam rangka kemajuan Kabupaten Barito Timur. Ia mengharapkan dukungan penuh dari seluruh pihak yang terlibat dalam pemerintahan kabupaten.

“Mari kita bekerja bersama untuk kemajuan Barito Timur,” pungkasnya. (yus)