Eskop Kembali Pimpin LP3KD Barito Timur

, – Setelah melalui proses pemilihan secara terbuka, akhirnya Eskop salah satu tokoh umat kembali terpilih menjadi Ketua Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik Daerah (LP3KD) Kabupaten periode 2024 – 2029.

Acara Rapat Pembentukan Pengurus LP3KD Kabupaten Barito Timur untuk masa bakti 2024 – 2029, diselenggarakan oleh Penyelenggara Katolik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur ini dilakukan pasca akan berakhirnya masa kepengurusan LP3KD periode 2019-2024.

“Sehingga tidak ada kekosongan atau kepakuman kepengurusan,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur, H Ahmadi dalam sambutannya saat membuka kegiatan Rapat Pembentukan Pengurus LP3KD Kabupaten Barito Timur di Aula Pelayanan Haji Terpadu, Rabu (22/5/2025).

Lebih lanjut H Ahmadi memberikan apresiasi kepada umat katolik di daerah itu karena dapat bergerak cepat dalam mengambil langkah yang strategis dalam menghidupkan organisasi supaya tidak vakum dengan melakukan rapat pembentukan kepengurusan lebih awal, sebelum kepengurusan berakhir pada bulan juli 2024 mendatang.

Ditambahkan dia, sebagai leding sektor tentu kami dari kementerian agama selalu siap memfasilitasi dan mendukung setiap langkah gerak pembinaan di daerah itu tanpa pilih-pilih, tetapi semua diperlakukan sama.

Sementara itu dalam laporannya, Penyelenggara Katolik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur Pilu Hartono mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk memastikan LP3KD supaya tetap berjalan dan tidak vakum dalam melakukan pembinaan umat dalam bidang tarik suara dalam rangka muji dan memuliakan Tuhan dengan baik dan benar.

Sedangkan Ketua LP3KD Kabupaten Barito Timur masa bakti 2019 -2024, dan Ketua Terpilih untuk masa bakti 2024 – 2029, Eskop memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur yang telah memberikan perhatian yang luar biasa bagi umat Katolik secara khusus kepada LP3KD, dimana saat ini melaksanakan pemilihan kepengurusan LP3KD yang baru.

Semoga LP3KD Kabupaten Barito Timur yang telah dirintis lima tahun yang lalu ini kedepan lebih baik lagi serta bisa lebih banyak memberikan manfaat kepada umat dan Gereja khususnya dalam bidang pengembangan paduan suara dalam rangka memuji Tuhan dengan baik dan benar.

Setelah terpilihnya Eskop sebagai Ketua LP3KD Barito Timur dirinya bersama Pastor P Gabriel Ama Maing, MSF dan Pastor Paroki Santo Petrus dan Paulus Ampah P Yosep, MSF akan menyusun kepengurusan LP3KD Kabupaten Barito Timur 2024 – 2029 dan diajukan ke Kementerian Agama untuk diteruskan kepada Bupati Barito Timur untuk ditetapkan dalam Keputusan Bupati Barito Timur sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2016, tentang pembentukan LP3K. (Yus)