Lomba Desa Upaya Daerah Meningkatkan Kapasitas Aparatur dalam Pelayanan

, TAMIANG LAYANG – Pj Ketua TP PKK Kabupaten , Melly Novita Indra Gunawan mengatakan, bahwa lomba desa merupakan upaya yang dilakukan daerah untuk melakukan pembinaan

“Pembinaan supaya kapasitas aparatur desa terhadap pelayanan lebih baik,” ujar Melly Novita, di sela kegiatan Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Barito Timur di Desa Tangkan, Kecamatan Awang, Rabu (29/5/2025).

Program lomba desa yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat setiap tahun. Penilaian yang dilaksanakan oleh Tim Penilai Kabupaten melibatkan TP PKK Kabupaten .

“Dalam penilaian ini data dan dokumentasi seluruh kegiatan desa termasuk kegiatan PKK dua tahun terakhir,” sebut Melly.

Melly Novita kembali menjelaskan, lomba desa sebagai pembinaan DPMDSos dan TP PKK Kabupaten Barito Timur terhadap penyelenggaraan kegiatan melalui dan . Bentuk pembinaan dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas baik aparatur pemerintah desa, BPD, , dan TP PKK tingkat desa.

“Pelayanan lebih baik sebagai instansi, terlebih-lebih kepada masyarakat Desa Tangkan,” harapnya.

Melly Novita berpesan, melalui lomba desa menitipkan peran serta tim pendamping terdiri dari Kader KB, Kader PKK, dan Bidan. Antara lain, peran Kader PKK dalam penyuluhan dan kunjungan ulang keluarga resiko stunting, memberikan edukasi dan motivasi keluarga resiko stunting ke Faskes terdekat serta menghubungkan ke bantuan . (yus)