KPU Bartim Gelar Sosialisasi Tahapan Pilkada 2024

, – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten () melaksanakan sosialisasi tahapan Pemilihan Kepala Daerah () 2024 di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Mantawara Tamiang Layang pada Selasa, (9/7/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat serta mendukung pelaksanaan tahapan .

Sosialisasi yang dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat tersebut mencakup penjelasan mengenai tahapan pemilihan, pemutakhiran data pemilih, serta penyusunan visi misi program bakal pasangan calon Bupati Barito Timur.

Ketua KPU Kabupaten Barito Timur, Satya Hedipuspita, mengungkapkan, bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk menginformasikan kepada masyarakat mengenai pentingnya pencocokan dan penelitian (coklit) pemilih.

“Dari laporan yang saya terima, hingga saat ini coklit sudah mencapai 98 persen atau tersisa dua persen dari jumlah daftar pemilih yang merupakan hasil penyandingan DPT terakhir dan DP4 dari , yaitu sebanyak 84.871 pemilih di Barito Timur,” jelas Satya Hedipuspita.

Satya menjelaskan bahwa coklit dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang bertugas melakukan pendaftaran dan pemutakhiran data pemilih pada tahapan Pilkada 2024. Proses coklit ini berlangsung dari 24 Juni hingga 24 Juli 2024.

Satya juga mengharapkan agar Pilkada Barito Timur dapat diikuti oleh putra-putri terbaik Kabupaten Barito Timur dengan tujuan akhir untuk memajukan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“Diharapkan bisa diikuti lebih dari satu, dua atau lebih pasangan calon kepala daerah,” imbuhnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Barito Timur Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, Zainal Hamli menambahkan, setelah pencoklitan selesai, KPU Barito Timur akan menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada Barito Timur 2024.

“Penetapan DPS ini akan disampaikan kepada publik secara umum dan KPU akan meminta informasi, saran, dan masukan terkait DPS yang disampaikan. Laporan diharapkan dilengkapi dengan data pendukung,” ujar Zainal Hamli.

Penetapan DPS merupakan bagian dari rangkaian tahapan Pilkada Barito Timur 2024 untuk menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT), yang diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan transparan, serta mendapat dukungan penuh dari masyarakat setempat. (yus)