Wagub Kalteng Buka Pasar Murah di Kecamatan Dusun Tengah

BALANGANEWS, – Wakil (Wagub) Kalimantan Tengah (), H. Edy Pratowo, membuka acara pasar murah yang berlangsung di GPU Batara Linggar, , Kabupaten Barito Timur, pada Minggu (22/9/2024).

Pasar murah ini diadakan untuk membantu masyarakat dan menekan laju inflasi.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Edy menjelaskan bahwa tujuan pasar murah ini adalah untuk meringankan beban masyarakat dan mengendalikan harga kebutuhan pokok.

Ia juga mengingatkan pesan dari Presiden RI, bahwa saat ini dunia menghadapi ancaman krisis pangan yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti distribusi pangan yang sulit, perubahan , bencana alam, konflik , dan perang.

“Presiden menginstruksikan kepada para Gubernur, Bupati, dan Wali Kota se-Indonesia untuk mengadakan gerakan pengendalian pangan, salah satunya melalui pasar murah,” kata Edy Pratowo.

Pasar murah ini menyediakan komoditas berupa 10 kg beras dan 3 liter dengan total nilai paket Rp 230.500. Namun, berkat subsidi dari Pemprov Kalteng sebesar Rp 210.500, masyarakat hanya perlu membayar Rp 20.000.

Selain itu, Gubernur dan Wakil Gubernur memutuskan untuk menggratiskan paket sembako tersebut, sehingga masyarakat tidak perlu membayar apa pun.

Wakil Gubernur juga menegaskan bahwa salah satu tugas utama Gubernur dan Wakil Gubernur adalah melayani masyarakat.

Pj Bupati Barito Timur, Indra Gunawan, dalam laporannya, menyampaikan bahwa pasar murah ini bertujuan untuk meringankan beban warga dan mengendalikan harga kebutuhan pokok agar tetap stabil.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemprov Kalteng atas perhatian yang besar kepada masyarakat Barito Timur, khususnya di Kecamatan Dusun Tengah. Kabupaten Barito Timur mendapatkan 5.700 paket sembako untuk seluruh kecamatan, dan Kecamatan Dusun Tengah sendiri menerima sekitar 2.000 paket,” ungkap Indra.

Ia berharap pasar murah ini dapat membantu menormalkan di pasaran. (asp)