Gubernur Kalteng Ajak Warga Berbondong-bondong ke TPS

Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran. (Foto: MMC Kalteng)

, Kalimantan Tengah (), H. , mengajak seluruh masyarakat yang memiliki hak pilih untuk datang ke TPS pada tanggal 27 November 2024.

Dalam Rapat Koordinasi Pemilihan Umum dan Ikrar Netralitas Lurah dan Kepala Desa yang diadakan di GPU Damang Batu, , Kabupaten Gunung Mas, Sabtu (21/9/2024), Gubernur mengimbau masyarakat untuk ikut serta dalam Serentak.

“Saya berharap kita dapat kembali menyukseskan agenda Pesta Demokrasi berikutnya, yakni Pilkada Serentak Gubernur dan Wakil Gubernur, Wali Kota dan Wakil Wali Kota, serta Bupati dan Wakil Bupati,” ucap Gubernur Sugianto.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk menjaga kerukunan dan keamanan selama proses Pilkada berlangsung.

“Mari kita bersama-sama mengawal Pilkada Serentak di seluruh wilayah Kalimantan Tengah agar berlangsung dengan baik dan demokratis. Pilkada yang sejuk dan damai, Pilkada yang jauh dari berbagai hoaks dan berbau SARA, yaitu Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan,” tambahnya.

Selain itu, Gubernur juga meminta lurah dan kepala desa di Kabupaten Gunung Mas untuk menjaga netralitas selama Pilkada berlangsung.

“Dengan demikian, pelaksanaan Pilkada Serentak nantinya benar-benar berkualitas dan melahirkan pemimpin terbaik, yang mampu membawa kemajuan dan kemakmuran daerah,” tutupnya.

Dalam ikrar netralitas yang dibacakan oleh para lurah dan kepala desa se-Kabupaten Gunung Mas, mereka berkomitmen untuk menjaga netralitas dalam Pilkada.

Isi ikrar tersebut antara lain: Tidak membuat keputusan yang menguntungkan atau merugikan calon, baik sebelum, selama, maupun setelah Pilkada; Tidak ikut serta dalam kampanye.

Kemudian, Menghindari konflik kepentingan dan tidak melakukan intimidasi atau ancaman kepada masyarakat; Tidak menunjukkan dukungan terhadap calon melalui media sosial, dan Menolak praktik politik uang.

Pj Bupati Gunung Mas, Herson B. Aden, juga hadir dalam rapat koordinasi tersebut. Ia menjelaskan bahwa acara ini merupakan program dari Bawaslu Gunung Mas untuk memastikan netralitas lurah dan kepala desa dalam Pilkada 2024.

“Harapan kami dari Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Pilkada baik Bupati maupun Gubernur di Kabupaten Gunung Mas berjalan sesuai dengan rencana, aman, serta bebas rahasia. Masyarakat diharapkan memilih calon pemimpinnya dengan bebas, tanpa ada paksaan atau tekanan dari siapapun,” ujar Herson. (asp)