Antisipasi Karhutla, Pemkab Bartim Gelar Apel Kesiapsiagaan

Pemkab Bartim saat menggelar Apel Kesiapsiagaan Personil dan Sarana Prasarana (Sapras), di halaman kantor Bupati setempat, Kamis (4/3/2021)

BALANGANEWS, – Dalam rangka antisipasi bencana hutan dan lahan () Pemerintah Kabupaten , Kalimantan Tengah menggelar Apel Kesiapsiagaan Personil dan Sarana Prasarana (Sapras), di halaman kantor Bupati setempat, Kamis (4/3/2021).

Kegiatan Apel Kesiapsiagaan Personil dan Sarana Prasarana (Sapras) dalam rangka antisipasi menghadapi Karhutla ini dipimpin langsung oleh Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas dan ikuti oleh Anggota /, Damkar, dan Pol PP, dan unsur swasta.

Dalam sambutannya Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas mengatakan melalui apel gelar pasukan yang dilaksanakan pada hari ini diharapkan bisa menjadi sarana dalam menyamakan langkah dan menyatukan tekad supaya saling bahu membahu dalam penanggulangan bahaya Karhutla di daerah itu.

Ditambahkan dia, penanganan Karhutla saat ini bisa dipantau perkembangan melalui teknologi yang dimiliki , baik dalam memperkirakan cuaca maupun dalam merekam titik api atau hotspot.

Dikatakan dia, penanggulangan hutan dan lahan dilakukan melalui upaya preventif aktif berupa penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat yang dilaksanakan secara bersinergi dengan mengerahkan para Bhabinkamtibmas, Babinsa dan BPBD serta aparat pemerintah maupun masyarakat peduli api di masing-masing wilayah.

Pada kesempatan itu Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas mengatakan dalam upaya cegah dini terhadap kemungkinan bahaya kebakaran hutan dan lahan harus dilaksanakan secara terpadu.

Sebab keberhasilan dalam melaksanakan pencegahan bencana Karhutla yang melibatkan kesigapan seluruh personel TNI Polri, BPBD, aparat pemerintah daerah dan seluruh komponen masyarakat harus diikuti dengan penyusunan rencana aksi nyata di lapangan, “semoga di Bumi Jari Janang Kalalawah yang kita cintai ini tidak terjadi bencana alam,” pungkasnya. (yus)