Diversifikasi Kurikulum Harus Diimbangi Kinerja Pendidik

, – Diversifikasi Kurikulum sangat penting dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan , hal ini sebagaimana tercantum dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2020, tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Tahun 2020-2024, yang terdiri dari 4 program pokok yaitu menghapus Ujian Sekolah Berstandar Nasional, mengganti UN, menyederhanakan RPP dan mengatur kembali Penerimaan Peserta Didik Baru ().

“Secanggih apapun kurikulum yang dirancang, tetapi kalau tidak diimbangi dengan kemampuan dan kinerja tenaga pendidik (guru) untuk mengimplementasikannya maka tidak akan memperoleh hasil yang maksimal,” kata Kepala Kabupaten Barito Timur, Sabai, melalui Kepala Bidang Pembinaan SMP Ampiansyah, di Tamiang Layang, Kamis (16/12/2021).

Ampiansyah mengajak semua Guru SMPN 3 Tamiang Layang agar terus berupaya meningkatkan kinerjanya sehingga mampu memberikan warna yang indah dalam upaya bersama meningkatkan mutu pendidikan di unit kerjanya.

Ia juga berterima kasih kepada Pengawas Pembina, Narasumber, Kepala Sekolah, Ketua Panitia dan semua keluarga besar SMPN 3 Tamiang Layang, sehingga kegiatan workshop dapat terlaksana. sangat mengapresiasi usaha yang telah dilakukan oleh keluarga besar SMPN 3 Tamiang Layang.

Sementara itu, Kepala SMPN Tamiang Layang Elyhawiyaty, dalam kegiatan Workshop Diversifikasi Kurikulum dan Penilaian Kinerja Guru di SMPN 3 Tamiang Layang, Rabu (15/12/2021) mengatakan bertujuan untuk peningkatan profesionalisme guru dan mempersiapkan guru dalam masa penilaian kinerja guru Tahun 2021.

Elyhawiyaty juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi rangkaian proses belajar mengajar di SMPN 3 Tamiang Layang sesuai dengan kondisi sekolah dan karakteristik peserta didik.
Ia pun mengkutip sebuah kalimat bijak sebagai pesannya kepada peserta workshop “Tuliskan apa yang akan dilakukan dan lakukan apa yang sudah dituliskan” sehingga guru mengetahui kelebihan dan kekurangan perangkat yang sudah disusunnya.

Pada kesempatan itu, ia mengucapkan terima kasih kepada Kabid Pembinaan SMP Ampiansyah, dan Koordinator Pengawas Hamdan, atas kesediaannya untuk menjadi narasumber pada kegiatan ini dan berharap kedepannya SMPN 3 Tamiang Layang mampu mengangkat potensi sekolah sesuai dengan karakteristiknya.

Sementara itu, secara terpisah salah seorang guru peserta workshop Salikurnima, menyambut baik kegiatan ini, agar pendidik memahami mengenai diversifikasi kurikulum dan penilaian kinerja guru dan membantu agar bapak dan ibu guru terarah dalam menyiapkan perangkat pembelajaran yang memuat numerasi dan literasi.

Ia berharap semua peserta kegiatan yang mengikuti workshop bisa dan benar dalam memahami diversifikasi kurikulum dan PKG serta mampu membuat perangkat pembelajaran yang baik dan benar. (yus)