Kepsek Smasa Tala Apresiasi Kegiatan Pembuatan Eco-Enzym

1654bf80 e211 462c 9bef 8417ef385749
Kepala SMA Negeri 1 Tamiang Layang, Istiqomah

, – Sejumlah Guru dan Siswa SMA Negeri 1 Tamiang Layang sangat antusias dan menyambut baik pelaksanaan kegiatan pelatihan pembuatan Eco-Enzym yang dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten pada hari Kamis (23/2/2023).

“Kami sangat menyambut baik dan memberi apresiasi atas terselenggaranya kegiatan pelatihan pembuatan Eco-Enzym yang dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK di sekolahnya, karena kegiatan ini sangat mengedukasi siswa-siswinya bagaimana mendaur ulang rumah tangga khususnya sampah organik sehingga menghasilkan produk yang sangat bermanfaat,” kata Kepala SMA Negeri 1 Tamiang Layang, Istiqomah, di Tamiang Layang, Kamis (23/2/2023).

Ia mengatakan, sebagaimana diketahui bahwa Eco Enzym adalah cairan hasil dari fermentasi limbah dapur organik seperti ampas buah dan , gula (gula coklat, gula merah atau gula tebu), dan Pembuatan eco-enzym hanya membutuhkan air, gula sebagai sumber karbon, dan sampah organik sayur mentah dan buah yang belum diolah.

Ditambahkan dia, kegiatan pembuatan Eco-Enzym ini sangat mendukung dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, dimana salah satu tagihannya adalah Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), sehingga melalui praktik pembuatan Eco-Enzym siswa-siswi dituntut untuk bekerjasama, bergotong royong dan berkolaborasi satu dengan lain. Dalam proses belajar mengajar seperti ini dapat meningkatkan rasa menghargai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Selain itu, kata dia, kegiatan ini juga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang Pelajar Pancasila.

Istiqomah juga menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan pembuatan Eco-Enzym ini sangat berkaitan erat dengan mata pelajaran Kimia, Biologi dan Kewirausahaan, untuk itu ia telah melibatkan 46 siswa dan 4 orang guru mengikuti kegiatan ini.

Di akhir perbincangan Kepala SMA Negeri 1 Tamiang Layang ini membocorkan beberapa kegiatan unggulan dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka diantaranya Eco Print dan nantinya ditambah lagi dengan Eco-Enzym. (yus)