Dandim Muara Teweh Serahkan Kunci Rumah Layak Huni

Whatsapp Image 2024 01 03 At 8.46.57 Pm

, – Dandim 1013/Mtw, Letkol Inf Agussalim Tuo, meresmikan rumah baru hasil perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) kepada masyarakat di Desa Pepas, Montallat, Barito Utara, Rabu (3/1/2024).

Saat peresmian sekaligus penyerahan kunci perbaikan rumah tidak layak huni tersebut, Dandim 1013/Mtw turut didampingi Pasi Ter 1013/Mtw Lettu Czi Ahmad Munir, Unit Intel Kodim 1013/Mtw Letda Czi Slamet Waluyo, Danramil 02/Montallat Peltu M Firdaus, Camat Montallat M Nigra Brianudd, Kapolsek Montallat IPTU Waryoto serta pihak terkait lainnya.

Dandim Letkol Inf Agussalim Tuo mengatakan, Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) ini adalah program yang diperintahkan oleh Kasad melalui Pangdam dan Danrem sebagai wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat yang belum memiliki tempat tinggal yang layak huni.

Selain program rehab rumah tidak layak huni Kodim 1013/Mtw juga sudah melaksanakan fasilitas air bersih, pemberian bansos, pemberian gizi tambahan kepada anak , beresiko stunting.

“Bantuan Rehabilitasi RTLH ini juga merupakan upaya TNI Angkatan Darat dalam membantu masyarakat masalah yang terdampak . Seperti banyaknya pengangguran akibat PHK, sulitnya mencari pekerjaan, rendahnya harga hasil pertanian dan , tidak stabilnya harga sembako dan lain sebagainya,” jelasnya, Rabu (3/1/2024).

Sehingga, sambung Dandim, TNI AD hadir di tengah-tengah masyarakat dengan berbagai Upaya, antara lain rehab RTLH, sebagai wujud nyata kemanunggalan TNI dengan rakyat, dan juga merupakan bentuk kepedulian TNI kepada masyarakat.

Dandim juga menyampaikan, bahwa Program Rehab RTLH pada Karya Bhakti TNI ini dilaksanakan dengan waktu kerja selama kurang lebih 15 hari yakni Koramil 1013-02/Montallat bersama warga sekitar rumah bersama unsur lainnya guna menghidupkan kembali semangat gotong royong.

“Meskipun baru 1 (Satu) unit rumah warga yang dilakukan perehaban, pembangunan rumah layak huni kedepan kami akan berupaya terus mengajak Instansi terkait dan pengusaha untuk bekerjasama melaksanakan kegiatan ini lebih
banyak lagi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dandim mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut berpartisipasi dan berkontribusi dalam mensukseskan kegiatan RTLH yang telah dilaksanakan ini.

“Kami berharap rumah yang telah diperbaiki oleh anggota Kodim dan masyarakat agar dirawat dan digunakan dengan baik, sehingga dapat berguna untuk penerimanya,” harapnya.

Sementara itu, Penerima rumah, mengucapkan terima kasih kepada pihak Kodim 1013/Mtw beserta jajarannya, serta masyarakat yang telah membantu dalam perbaikan rumahnya.

Dari rumah yang sebelumnya tak layak huni, kini menjadi tempat tinggal yang layak. Ia berharap agar semua usaha baik ini mendapatkan kemudahan dan berkah dari Allah bagi semua yang terlibat.

“Kami tidak dapat membalasnya atas kerja Bapak-bapak yang tulus dan ikhlas, semoga Allah SWT memberikan rahmat kepada Bapak-bapak semua Aamiin,” ucapnya. (asp)