Pj Bupati Barut Ikuti Vicon Rakor Pengendalian Inflasi

, BARITO UTARA – Pj Bupati Barito Utara (), Muhlis didampingi Asisten II Sekda, Gazali Montalatua beserta unsur Kepala setempat ikuti vicon Rapat Koordinasi Pengendalian , dari Ruang Rapat Setda Barut, Senin (29/1/2024).

Rapat koordinasi pengendalian inflasi dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dan juga diikuti oleh pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah daerah, , Satgas Pengendalian Inflasi, , , serta stakeholder terkait lainnya.

Tito mengatakan, pengendalian inflasi adalah tanggung jawab semua, terutama pemerintah beserta jajaran terkait lainnya, dan juga sebagai tanggung jawab moral pemerintah kepada masyarakat sehingga harga dapat terkendali.

” Yang mana harga barang dapat dijangkau kemampuan masyarakat serta kesediaan yang cukup untuk barang dan jasa terutama makanan dan kebutuhan pokok yang menjadi konsumsi utama masyarakat,” jelas Tito.

Sementara itu, Pj Bupati Barito Utara, Muhlis dalam paparannya menyampaikan, dengan rakor pengendalian inflasi bersama beserta jajaran terkait lainnya dapat menjadi bahan untuk melakukan strategi dan evaluasi dalam menekan laju inflasi di berbagai daerah terutama di Barito Utara.

Ia membeberkan, strategi terus diupayakan oleh Pemerintah Barito Utara melalui instansi terkait dengan terus melakukan evaluasi-evaluasi mengingat inflasi terjadi karena banyak faktor sesuai dengan situasi global dan daerah masing-masing.

“Angka inflasi kita berada di 0,4066 yang menandakan Kabupaten Barito Utara dalam kondisi yang stabil, tentunya ini merupakan hasil kerja keras dari pemerintah daerah dan jajaran beserta masyarakat Barito Utara yang saling bersinergi dalam menstabilkan harga-harga kebutuhan pokok yang berada di wilayah kita,” ungkapnya. (asp)