Pj Bupati Barut Buka Musrenbang RKPD Kecamatan Lahei

BALANGANEWS, – Pj Bupati Barito Utara () yang diwakili oleh Asisten II Setda Barut, Gazali Montallatua membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) 2025 Kecamatan Lahei, Selasa (27/2/2024).

Asisten II Setda Barut, Gazali Montallatua mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengatasi berbagai permasalahan aktual pembangunan, mengakomodir berbagai kebutuhan dan aspirasi masyarakat.

“Mengingat pentingnya Musrenbang ini, diharapkan menjadi media interaktif bagi segenap pemangku kepentingan di kecamatan dan seluruh peserta untuk bisa menetapkan program dan kegiatan prioritas kecamatan guna mendukung implementasi program atau kegiatan tahun anggaran 2025 yang akan datang,” ucapnya.

Gazali menyampaikan tiga hal penting, pertama hal terkait penanganan kesehatan pada anak terutama program penurunan stunting. Kedua, tentang menghadapi dan situasi di Kabupaten Barito Utara yang berdampak pada kenaikan .

“Dihimbau kepada para camat, kepala desa dan tim penggerak PKK Kecamatan dan Desa untuk mensosialisasikan inovasi dan upaya untuk memanfaatkan lahan pekarangan di rumah dan kantor untuk menanam tanaman yang diperlukan sebagai bahan pokok untuk membantu menekan lajunya inflasi,” jelasnya.

Dan yang ketiga, sambung Gazali, diharapkan para Kades dan BPD agar mendorong yang ada agar memanfaatkan potensi yang dimiliki sehingga dari desa mampu menghasilkan produk-produk unggulan dengan memanfaatkan potensi di desa masing-masing.

Sementara itu, Sekretaris Camat Lahei, Harmondi menuturkan, tertuang di dalam Daftar Usulan Prioritas Kecamatan Lahei 2025 antara lain adalah pembangunan dan atau perbaikan gedung, perumahan, tempat ibadah, dan perbaikan jalan dan jembatan.

“Kemudian perbaikan pada bidang telekomunikasi dan informasi, peningkatan tenaga dan fasilitas dan kesehatan, pertanian, , fasilitas dan tenaga untuk penanggulangan bencana serta prioritas lainnya,” imbuhnya. (asp)