4 Peserta Calon Paskibraka Barito Utara Ikuti Seleksi di Tingkat Provinsi Kalteng

BALANGANEWS, MUARA TEWEH – Empat pelajar SLTA calon anggota Kabupaten yang terpilih akan mengikuti seleksi Paskibraka di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. Seleksi Calon Paskibraka tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2024 ini akan dilaksanakan pada tanggal 13 – 16 Mei 2024 di .

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Kabupaten Barito Utara (KesbangPol ), Rayadi, Minggu (12/5/2024) di Muara Teweh mengatakan ke empat pelajar yang lolos Paskibraka di tingkat Kabupaten Barito Utara akan mengikuti seleksi di tingkat Provinsi dan untuk tingkat nasional dari tanggal 13 – 16 Mei 2024 di Palangka Raya.

“Mereka akan mengikuti seleksi seperti seleksi di tingkat Kabupaten Barito Utara. Pelaksanaan seleksi dilaksanakan selama 4 hari dan nantinya mereka akan membawa perlengkapan pribadi dan berkas administrasi yang dipersyaratkan oleh Provinsi Kalteng,” kata Rayadi.

Empat pelajar calon Paskibraka Kabupaten Barito Utara yang terpilih mengikuti seleksi paskibraka tingkat Provinsi Kalteng dan tingkat nasional atas nama Muhammad Wahyu Sembiring dari SMAN 4 Muara Teweh dan Aryayoga Fajar Wisnutama dari SMAN 1 Muara Teweh, Aisha Nur Aniqa dari Madrasah Aliya Negeri (MAN) Barito Utara dan Imay Dwi Rahayu dari SMAN 4 Muara Teweh.

Adapun seleksi yang akan diikuti empat pelajar Barito Utara bersama calon Paskibraka se-Kalteng yaitu Seleksi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (tim seleksi dari tim BPIP), kemudian seleksi intelegensi umum (tim BPIP).

Kemudian, seleksi dan seleksi kepribadian (pemeriksaan kesehatan sekaligus psikotes, wawancara, penelusuran minat dan bakat dan rekam jejak di media ), tes parade, seleksi kesamaptaan dan terakhir seleksi PBB.

Berdasarkan undangan dari Provinsi Kalteng, tim penilai seleksi calon Paskibraka tingkat Provinsi akan menetapkan 56 orang sebagai Paskibraka tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dan 2 (dua) pasang (dua putra dan dua putri) lulusan terbaik sebagai perwakilan yang akan mengikuti seleksi Paskibraka tingkat pusat.

Pembukaan seleksi calon Paskibraka tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2024 oleh Gubernur Kalimantan Tengah, pada Senin, 13 Mei 2024, pukul 13.00 WIB, di Aula Aula Asrama Haji Transit Palangka Raya, Jalan G Obos No 3 Palangka Raya, dihadiri Kaban Kesbangpol Kabupaten/Kota se-Kalteng.

Mengingatkan kembali bahwa Panitia Pelaksana tingkat Provinsi memiliki kewenangan untuk menggugurkan peserta yang tidak memenuhi syarat. Diharapkan semua peserta dapat memperhatikan persyaratan yang telah ditetapkan dengan seksama. (ads)