Kemenag Barito Utara Instruksikan Cek Arah Kiblat pada 27 Mei 2024

, – Adanya Rashdul Kiblat atau Istiwan A’zam yang akan terjadi pada Hari Senin tanggal 27 Mei 2024 pukul 16.18 WIB mendatang, Kantor Kementerian Agama kabupaten (Kakankemenag ) melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam menginstruksikan kepada ormas Islam, Penyuluh Agama Islam, pondok pesantren, majelis taklim, kampus/universitas, dan Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Takmir Masjid, Musholla di wilayah Kabupaten Barito Utara untuk mengukur dan mengecek kembali arah kiblatnya pada Senin 27 Mei 2024.

Peristiwa rashdul kiblat atau Istiwan A’zam merupakan peristiwa di mana matahari melintas tepat di atas Ka’bah, sehingga bayang-bayang benda akan lurus menghadap ke arah kiblat.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Barito Utara melalui Kasi Bimas Islam Almubasir di ruang kerjanya, Jumat (17/5/2024).

Kasi Bimas Islam Almubasir berharap momentum ini bisa dilakukan di rumah masing-masing, fasilitas umum, masjid, musholla, langgar, kantor atau tempat sholat lainnya.

Selain itu pula kata dia kegiatan ini juga telah didaftarkan ke Museum Rekor Indonesia (MURI) karena melibatkan lebih dari satu juta masyarakat untuk mengukur arah kiblat secara serentak dalam satu hari di seluruh wilayah di Indonesia.

“Hal-hal yang harus diperhatikan saat pengukuran arah Kiblat adalah benda patokan harus tegak lurus dengan permukaan bumi atau gunakan bandul, permukaan dasar harus datar dan rata, sesuaikan jam dengan , RRI dan Telkom,” kata dia.

Almubasir juga menjelaskan selain tercatat di museum rekor MURI, juga disediakan doorprize berupa uang tunai total Rp20 Juta bagi 60 orang terpilih jika berpartisipasi dalam kegiatan Hari Sejuta Kiblat dengan persyaratan telah mendaftar melalui tautan link : s.id/harisejutakiblat, kemudian follow Instagram @bimasislam dan @harisejutakiblat, upload photo di Instagram saat mengukur arah Kiblat, tag dan mention akun @harisejutakiblat, pakai hastag #harisejutakiblat dan #bimasislam.

“Kami berharap kegiatan pengukuran arah kiblat ini bisa memberikan penguatan rasa kebersamaan dan keimanan umat Islam di Kabupaten Barito Utara melalui fokus yang sama terhadap arah kiblat,” kata Almubasir. (ads)