Pemkab Barito Utara Peringati Hari Jadi ke 67 Provinsi Kalimantan Tengah

, – Pemerintah Kabupaten memperingati Hari Jadi ke 67 Provinsi Kalimantan Tengah dengan melaksanakan upacara di halaman kantor Bupati setempat, Senin (27/5/2024). Bertindak selaku pemimpin upacara Oj Sekda Barito Utara Drs Jufriansyah.

Upacara Hari Jadi ke 67 Provinsi dihadiri yang mewakili Unsur FKPD, staf ahli bupati, asisten sekda, kepala perangkat daerah, para peserta upacara dan undangan lainnya.

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Pj Sekda Jufriansyah mengatakan tepatnya pada tanggal 23 Mei 2024, Provinsi Kalimantan Tengah berusia 67 tahun.

Di usia yang cukup dewasa ini, perlu kita syukuri bersama, keberhasilan pembangunan di berbagai bidang di Bumi Tambun Bungai sudah kita rasakan. Keberhasilan itu tentu buah dari kerja keras dan dukungan semua elemen dan jasa tokoh pendahulu.

“Pada kesempatan baik ini, saya ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pendahulu, jajaran Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, , Instansi Vertikal, Akademisi, Dunia Usaha, dan Insan , serta seluruh elemen masyarakat, atas kontribusi dan sumbangsihnya terhadap kemajuan pembangunan Kalimantan Tengah,” kata Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran dalam sambutannya.

Selanjutnya kata dia, melalui peringatan Hari Jadi ke-67 Bumi Tambun Bungai serta bersama momen Hari Kebangkitan tahun 2024, hendaknya dapat kita jadikan sebagai pendorong utama mengokohkan semangat persaudaraan dan persatuan bernapaskan Falsafah Huma Betang, untuk bersama-sama bergotong royong memajukan pembangunan Kalimantan Tengah agar makin lebih baik lagi.

Pada kesempatan H Sugianto Sabaran juga mengajak semua agar terus meningkatkan sinergi dan kolaborasi untuk melahirkan inovasi-inovasi dan terobosan baru, untuk memacu percepatan pembangunan dan perekonomian daerah serta peningkatan kualitas pelayanan dan kesejahteraan masyarakat. “Ayo Itah Handep Haruyung Mamangun Lewu Bumi Tambun Bungai”.

“Syukur alhamdulillah, berkat kerja keras kita bersama, selama 8 tahun kepemimpinan saya selaku Gubernur, roda pembangunan di Provinsi Kalimantan Tengah berjalan dengan baik, terus meningkat dari tahun ke tahun,” kata dia.

Dari sisi keuangan, APBD Provinsi Kalimantan Tengah saat menjabat tahun 2016 baru sebesar Rp 3,43 Triliun lebih, namun sekarang pada tahun 2024 menyentuh angka Rp 8,79 triliun lebih, naik 2 kali lipat lebih.

Kemudian kata dia, untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Kalimantan Tengah selalu mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian () dari Badan Pemeriksa Keuangan RI.

“Keberhasilan ini menjadi salah satu bukti komitmen kita untuk mewujudkan tata kelola keuangan dan pemerintahan yang baik, transparan, dan akuntabel,” ucapnya. (ads)