Puluhan Ribu Benih Ikan Disalurkan ke Delapan Pokdakan

Suasana penyaluran benih dan pakan ikan kepada pokdakan Embung Pilang Munduk, di Desa Pilang Munduk, Kecamatan Kurun, belum lama ini.

, – Sebanyak delapan kelompok pembudidaya ikan (pokdakan) di enam kecamatan di Kabupaten , mendapat bantuan puluhan ribu benih ikan, dari dinas dan (DPKP) setempat.

“49 ribu lebih benih ikan yang kami bagikan kepada delapan pokdakan, berupa benih ikan patin, lele dan gurame,” ujar Kepala DPKP Kabupaten Gumas Eigh Manto, melalui Kabid Produksi Pieth Haryono, Senin (9/9/2024).

Dia menuturkan, delapan pokdakan itu yakni Miwan Bersama, Hasnur Danum Maruhau, Embung Pilang Munduk, Harapan Baru, Berkat Usaha, Katohoi Tohun, Lewu Bereng Zone dan Osoi Hapakat.

“Selain benih ikan, setiap pokdakan juga mendapat bantuan ratusan kilogram pakan, yang jumlahnya berbeda untuk masing-masing pokdakan,” tuturnya.

Bantuan benih dan pakan ikan yang disalurkan kepada delapan pokdakan, sebagian besar adalah usulan yang telah disampaikan dalam musrenbang tahun 2023 lalu.

“Sebagian lagi merupakan program pokok pikiran (pokir) anggota Kabupaten Gumas periode 2019-2024,” jelasnya.

Dia berharap, bantuan benih dan pakan ikan itu bisa membantu perekonomian pembudidaya ikan serta meningkatkan produktivitas perikanan. Untuk itu, bantuan tersebut harus dikelola secara maksimal.

“Kami berharap bantuan benih ikan tumbuh besar, berkembang biak, dipanen dan dijual ke masyarakat, sehingga menambah penghasilan pembudidaya ikan,” katanya.

Selanjutnya, hasil penjualan tadi dapat digunakan untuk membeli benih dan juga pakan ikan. Artinya pembudidaya dapat mandiri dan tidak bergantung pada bantuan pemerintah daerah.

“Kami menilai peluang usaha di bidang perikanan sangat menjanjikan, karena masyarakat gemar dalam mengkonsumsi ikan,” pungkasnya. (ahs)