Kerjakan Soal Ujian Akhir Semester dengan Menggunakan Android

WhatsApp Image 2023 06 15 at 12.59.03 PM
Pelajar SMPN Satap 1 Manuhing mengerjakan soal ujian semester yang berbasis android, Senin (12/6/2023)

, – Sekarang ini, puluhan pelajar kelas VII dan VIII di SMPN Satap 1 Manuhing sedang menjalani ujian akhir semester untuk kenaikan kelas. Mereka mengerjakan soal ujian dengan menggunakan gawai android.

”Ada 56 pelajar yang menjawab soal ujian dengan berbasis android. Jadi mereka tidak menggunakan kertas dan pensil lagi,” ujar Kepala SMPN Satap 1 Manuhing, Suriyanie, Kamis (15/6/2023).

Pelaksanaan ujian semester berbasis android dilakukan secara offline. Sejauh ini, kendala yang dihadapi apabila terjadi padam, sehingga mengakibatkan router nirkabel wifi tidak bisa difungsikan.

”Solusi untuk mengantisipasinya, kami menyediakan mesin genset apabila terjadi listrik padam,” tuturnya.

Sebelum menerapkan ujian semester yang berbasis android, lanjut dia, para guru diberikan pelatihan untuk melaksanakan sistem ini.

”Untuk penilaian hasil dari ujian semester, langsung otomatis muncul diserver pengawas ujian setelah pelajar selesai ujian,” katanya.

Dengan ujian semester berbasis android ini, lebih hemat biaya sekolah karena tidak perlu menggunakan pensil dan kertas, menyesuaikan zaman atau kebiasaan dari pelajar yang sering memakai gawai android.

”Ujian semester akhir yang berbasis android ini merupakan langkah awal menuju digitalisasi sekolah,” terangnya.

Untuk mata pelajaran dalam ujian akhir semester ini yakni agama dan budi pekerti, pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, pendidikan jasmani, dan kesehatan, matematika, seni rupa, , , muatan lokal, prakarya, IPS serta bahasa inggris. Pelaksanaan ujian semester akhir, digelar mulai Senin, 12 Juni 2023, dan berakhir pada Sabtu, 17 Juni 2023. (ahs)