Kapolres Gumas Kukuhkan Puluhan Polisi RW

WhatsApp Image 2023 06 16 at 2.01.02 PM
Kapolres Gumas AKBP Asep Bangbang Saputra memasangkan secara simbolis ban lengan Polisi RW kepada personel, Kamis (15/6/2023)

, – Sebagai wujud pembinaan dan lebih mendekatkan dengan masyarakat, mengukuhkan puluhan polisi RW. Kegiatan pengukuhan itu ditandai dengan apel deklarasi dan pemasangan secara simbolis ban lengan Polisi RW.

Apel dipimpin oleh Kapolres Gumas AKBP Asep Bangbang Saputra, dan dihadiri Wakapolres Kompol Tri Wibowo, pejabat utama, jajaran Kapolsek, dinas terkait dan diikuti personel Polres.

WhatsApp Image 2023 06 16 at 9.06.04 AM

“Ada 80 personel yang dikukuhkan menjadi Polisi RW, terdiri dari personel Polres dan ,” ujar Kapolres, Kamis (15/6/2023).

Dia mengatakan, Polisi RW dibentuk bertujuan untuk meningkatkan polisi berbasis komunitas dan mengatasi masalah yang dihadapi oleh masyarakat, serta menjadi wadah koordinasi dengan Ketua RW, terkait gangguan Kamtibmas.

“Seluruh Polisi RW yang sudah dikukuhkan itu akan melaksanakan tugas dan tanggung jawab, sebagai pembina Kamtibmas pada tingkat RW,” tuturnya.

Dia menuturkan, program polisi RW yang diluncurkan ini juga untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas, menjelang pelaksanaan tahun 2024 mendatang.

“Polisi RW akan melakukan kegiatan deteksi dini yang merupakan tindakan preemtif kepolisian dalam mencegah gangguan Kamtibmas,” katanya.

Dia menekankan kepada seluruh personel yang mengemban tugas sebagai Polisi RW, agar dapat membangun interaksi dan komunikasi dengan seluruh masyarakat, serta laksanakan identifikasi dan pemetaan terhadap kerawanan wilayah di tempat tugas masing-masing.

“Polisi RW harus mampu mengajak semua elemen masyarakat sebagai mitra kerja dalam menjaga Kamtibmas, serta dapat menyelesaikan masalah yang terjadi di masyarakat,” pungkasnya. (ahs)