Karang Taruna Gumas Gelar Festival Musikalisasi Puisi

katambung
Bupati Gumas Jaya S Monong didampingi Wakil Bupati Efrensia LP Umbing, Plt Kadisdikpora Aprianto, Ketua Karang Taruna Isnaini, dan pihak terkait memukul katambung sebagai tanda dimulai festival musikalisasi puisi tingkat SMP dan SMA/SMK, di aula kantor Bappedalitbang, Selasa (20/6/2023)

, – Dalam rangka Hari Jadi Kabupaten ke-21, Karang Taruna setempat menggelar festival musikalisasi tingkat pelajar SMP dan SMA/SMK, dengan tema lebih dekat bersama karang taruna Kabupaten Gumas.

”Perlombaan ini menjadi sarana untuk mencari anak yang memiliki kreatifitas dan seni untuk dibina serta dikembangkan, sehingga bisa berprestasi dan memberikan yang terbaik bagi , masyarakat dan daerah,” ujar Bupati Gumas, Jaya S Monong, Selasa (20/6/2023).

PAN

Di samping itu, festival ini untuk mendorong semangat para pelajar dalam berkompetisi secara sehat, mengembangkan potensi dan kemampuan diri, serta dapat menularkannya kepada rekan sesama.

”Festival seperti ini harus digelar secara simultan, terpola dan berlangsung secara terus menerus. Harus ada terobosan yang mampu melahirkan dan menciptakan SDM berkualitas,” tegasnya.

Dia mengatakan, tersedianya SDM yang berkualitas merupakan modal utama dan menjadi agenda prioritas dalam rencana strategis Pemkab. Tanpa itu, maka tujuan pembangunan mustahil bisa tercapai.

”Untuk menciptakan SDM berkualitas, kami sudah menyusun berbagai hal, mulai peningkatan mutu pendidikan, sarana prasarana, bantuan , dan berbagai kegiatan lain,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Gumas, Isnaini mengakui festival ini bertujuan sebagai wadah pelajar SMP dan SMA/SMK sederajat menunjukkan kreatifitas dan seni yang dimiliki, ajang silaturahmi sekolah, dan memperkenalkan organisasi karang taruna kepada pemuda-pemudi di Kabupaten Gumas.

”Karang taruna adalah organisasi generasi muda dengan jiwa bakat seni dan kreatifitas serta siap bersaing dan kompetitif, yang mampu berkompetensi dalam membangun daerah,” tuturnya.

Dalam festival musikalisasi puisi ada enam grup. Setelah berlomba, SMPN 1 Kurun berhasil meraih juara pertama tingkat SMP. Sedangkan musikalisasi puisi tingkat SMA, juara pertama diraih , juara kedua dari SMAN 1 Tewah, juara ketiga , dan juara harapan satu dari SMAN 2 Kurun. (ahs)