Program Tiga Smart Dinilai Belum Maksimal

dprd gumas
Juru Bicara DPRD Kabupaten Gumas, Untung Jaya Bangas ketika menyampaikan rekomendasi DPRD terhadap LKPj Bupati tahun anggaran 2022, di rapat paripurna ke-1 masa persidangan ke III tahun sidang 2023, Selasa (20/6/2023)

BALANGANEWS, KUALA KURUN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () Kabupaten Gumas melaksanakan rapat paripurna ke-1 masa persidangan ke III tahun sidang 2023, dengan agenda penyampaian rekomendasi DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Gumas tahun 2022.

”Salah satu rekomendasi yang kami sampaikan adalah terkait , yakni smart agro, smart tourism, smart human resources yang dijabarkan dari visi misi Bupati Gumas periode 2019-2023. Program itu belum terlihat perkembangan atau hasilnya,” sesal Juru Bicara DPRD Kabupaten Gumas, Untung Jaya Bangas, Selasa (20/6/2023).

PAN

Selanjutnya, peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan di dapil I, II, dan III yang masih belum tersentuh. Ini juga harus jadi prioritas utama untuk kelancaran arus transportasi dan menjaga stabilitas perekonomian masyarakat.

Kemudian, harus ada tindakan tegas terhadap truk angkutan PBS pertambangan, dan kehutanan yang Over Dimension Over Loading (ODOL). PBS tadi menggunakan jalan kabupaten, yaitu di Tahura Lapak Jaru dan ruas jalan -Tumbang Miri.

”Penggunaan jalan kabupaten oleh truk angkutan PBS ini menimbulkan kerusakan parah di ruas jalan itu dan beresiko besar atas keselamatan masyarakat pengguna jalan, serta merugikan Kabupaten Gumas,” sesalnya.

DPRD juga merekomendasikan agar segera menangani dan mengaudit Perusda, karena masih belum terlihat perkembangan usaha dan cenderung vakum. Hasil auditnya harus dilaporkan kepada DPRD dan publik, karena menyertaan modal itu menggunakan APBD Kabupaten Gumas.

”Kami juga merekomendasi agar penggunaan Alsintan lebih dioptimalkan untuk mendukung kepentingan usaha masyarakat di bidang , sehingga mampu berkontribusi kesejahteraan , pekebun dan menambah PAD,” tandasnya. (ahs)