Mahasiswa KKN Diminta Bantu Promosikan Produk UMKM Masyarakat

dprd gumas
Anggota DPRD Kabupaten Gumas, Untung (dua dari kiri) Jaya Bangas dan Ketua Karang Taruna Isnaini, ketika berdialog dengan mahasiswa UPR yang melaksanakan KKN, Sabtu (8/7)/2023)

, – Anggota  Kabupaten , Untung Jaya Bangas melakukan pertemuan dan berdiskusi dengan sejumlah mahasiswa Universitas Palangka Raya yang sedang melaksanakan KKN di Kabupaten Gumas.

“Banyak hal yang diskusikan dalam pertemuan itu, salah satunya terkait pengembangan . Di sini saya meminta para mahasiswa untuk membantu promosikan produk UMKM milik masyarakat,” ujar Untung, Senin (10/7/2023).

ADE S
Dia menuturkan, beberapa hal yang bisa dibantu mahasiswa yakni menyusun cara promosi produk UMKM dari masyarakat, membuatkan akun  dan mengajarkan mereka untuk berjualan melalui medsos, hingga mengajarkan cara membuat kemasan menarik dengan desain yang mengundang lebih banyak pembeli.

“Mahasiswa juga dapat membantu pelaku UMKM dengan mengajarkan bagaimana memberikan sales servis yang baik, sehingga pembeli tertarik untuk terus membeli produk UMKM itu,” tuturnya.

Apabila mahasiswa bisa melakukan semuanya itu kepada pelaku UMKM, maka diharapkan usaha UMKM bisa berkembang, sehingga akan berdampak baik dalam pertumbuhan masyarakat.

“Banyak produk UMKM yang dihasilkan masyarakat, namun terkendala kurangnya promosi sehingga produknya kurang berkembang. Untuk itu, kami ingin mahasiswa membantu pelaku UMKM,” ujarnya.

Dengan berlatar belakang dari berbagai program studi, diharapkan ilmu yang dipelajari mahasiswa di perkuliahan bisa diterapkan saat KKN, sehingga memberikan dampak positif kepada masyarakat. Jangan sampai menjalankan KKN di daerah ini hanya menyelesaikan kewajibannya saja. (ahs)