Segini Luasan Lahan yang Terbakar di Gunung Mas Selama Enam Bulan

403
Suasana pelaksanaan apel gelar pasukan dan sarana prasarana karhutla, Senin (10/7/2023)

BALANGANEWS, KUALA KURUN – Berdasarkan pantauan dari BMKG, selama enam bulan terakhir pada tahun 2023 ini, jumlah hotspot atau titik panas di Kabupaten  sebanyak 45 titik.

“Dari jumlah titik panas tersebut, terpantau luas lahan yang terbakar kurang lebih 52 hektare,” ujar Kepala  Kabupaten Gumas, Champili, Senin (10/7/2023).

Dia mengatakan, lahan yang terbakar itu tersebar di Kecamatan Manuhing Raya, Manuhing, dan Rungan. Dari BMKG sudah memberikan peringatan akan musim kemarau yang lebih kering dan panjang di tahun 2023 dibandingkan tahun sebelumnya, karena dampak fenomena El-Nino yang membawa efek kekeringan.

ADE S

“Dalam mengantisipasi  sudah mendukung operasional satgas udara dengan menempatkan dua unit helikopter dan memberi dukungan kepada satgas darat sesuai permintaan lewat Pusdalop BPBD Provinsi ,” terangnya.

Sementara itu, Kapolres Gumas AKBP Asep Bangbang Saputra mengatakan, sebagai wujud kesiapsiagaan dalam mencegah karhutla, personel  rutin melakukan patroli menggunakan motor trail. Ini dipilih karena mudah menjangkau lokasi rawan karhutla yang sulit dijangkau kendaraan roda empat, lebih cepat mencegah karhutla dan menuju lokasi .

“Patroli dilakukan meliputi monitoring kawasan, pencarian informasi dan pemetaan masalah, melakukan pengecekan jika terdeteksi titik hotspot, serta pemadaman dini agar api tidak membesar,” tuturnya.

Dalam pencegahan karhutla, polres juga sudah menyiapkan sarana prasarana yang dimiliki, seperti satu unit kendaraan water cannon, satu unit mobil tangki, satu unit mobil komodo untuk karhutla, satu unit kendaraan roda dua yang sudah dimodifikasi khusus untuk karhutla, 12 unit kendaraan roda dua yang tersebar di , enam unit mesin pompa air dan puluhan alat manual untuk memadamkan api.

“Kami juga menyambangi masyarakat memberikan sosialisasi, penyuluhan, dan membagikan brosur terkait pencegahan karhutla. Ini sebagai langkah antisipasi dini penanggulangan karhutla di wilayah rawan karhutla,” pungkasnya. (ahs)