Pemkab Komitmen Turunkan Angka Stunting Sesuai Target Nasional

14d67852 b0f5 47bd bf24 b8ed07408110
Bupati Gumas, Jaya S Monong duduk bersama dengan Rektor UPR Salampak, di kegiatan safari rektor UPR di Kabupaten Gumas, di aula kantor Bappedalitbang, Selasa (25/7/2023)

, – Bupati , Jaya S Monong menyambut kedatangan Rektor Universitas Palangka Raya () Salampak yang melakukan safari di Kabupaten Gumas.

Safari tersebut untuk melihat langsung hasil karya mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UPR membangun desa, melalui program desa ketahanan dan pemberdayaan masyarakat.

”Untuk pelaksanaan KKN di Gumas fokus pada desa dan kelurahan yang menjadi lokus penurunan , karena kami berkomitmen untuk menurunkan angka stunting sesuai target nasional yakni 14 persen,” ujar Jaya, Selasa (25/7/2023).

ADE S

Sejak tahun 2021, sudah menandatangani kesepakatan bersama dengan UPR, yang merupakan perwujudan dari multi pihak dan kolaborasi lima pilar yakni pemerintah, masyarakat, perguruan tinggi/akademisi, dunia usaha dan media yang bersinergi menentukan keberhasilan pembangunan.

”Perwujudan pemerintah melalui kebijakan dan keputusan, masyarakat melalui modal, akademisi melalui pengetahuan, pengusaha melalui kekuatan ekonomi, dan media melalui informasi,” terangnya.

Sejalan hal itu, Pemkab menginisiasi kerjasama dengan UPR terkait pembangunan daerah dan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sebagai tindaklanjut, dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Bappedalitbang dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UPR.

”Kerjasama yang telah ditindaklanjuti tersebut diaplikasikan dengan pelaksanaan KKN pada desa dan kelurahan yang menjadi lokus penurunan stunting,” tuturnya.