SMPN Satap 1 Manuhing Pengimbasan Implementasi Kurikulum Merdeka

64ec05ee 7303 4f35 9dbf a0cb57c9c729
Salah satu guru SMPN Satap 1 Manuhing, Tri Bhisma menjadi pemateri dalam pelaksanaan pengimbasan implementasi kurikulum merdeka kepada guru di SDN 1 Bereng Jun, Kamis (27/7/2023)

, – Sebagai salah satu sekolah penggerak angkatan kedua di Kabupaten , pada tahun pelajaran 2022/2023, sudah melakukan pengimbasan implementasi kurikulum merdeka di dua sekolah.

“Sekolah yang dilakukan pengimbasan kurikulum merdeka yakni SDN 1 Bereng Jun dan SDN Harang Karamat,” ujar Kepala SMPN Satap 1 Manuhing, Suriyanie, Minggu (30/7/2023).

ADE S

Sebagai sekolah penggerak, memang harus mengimbaskan implementasi kurikulum merdeka sekolah-sekolah lain. Sekolah penggerak harus menjadi panutan, tempat pelatihan, dan juga inspirasi bagi guru dan kepala sekolah.

“Kami yakin hasil pengimbasan ini akan berdampak positif bagi di sekolah lain. Dengan komitmen dan semangat guru, maka akan mampu mengembangkan program pembelajaran inovatif dan terintegrasi dengan ,” tuturnya.

Dia mengatakan, kurikulum merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler dengan konten yang beragam, agar peserta didik dapat lebih optimal dan memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

“Kurikulum ini juga memberikan kebebasan dan kreativitas kepada setiap sekolah dan guru untuk mengembangkan program pembelajaran yang lebih relevan dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik,” ujarnya.

Dalam implementasi kurikulum mereka, para guru memberikan pelajaran yang tidak hanya satu arah, tetapi juga membuat berbagai aktivitas yang menyenangkan, yang memuat kompetensi bernalar kritis, kolaborasi, dan kreatif.