Semua Pihak Bertanggung Jawab Tingkatkan Kualitas Pendidikan

b626efcc 2db6 4f01 a103 25f360316810

BALANGANEWS, KUALA KURUN – Anggota Komisi III Kabupaten Edyson D Kenting mengatakan sudah menjadi tanggung jawab seluruh pihak, baik itu pemerintah, sekolah dan orang tua, untuk meningkatkan kualitas di daerah ini.

”Saya yakin dengan kolaborasi pemerintah, sekolah dan orang tua peserta didik, maka kualitas individu peserta didik dalam hal pendidikan akan terus meningkat,” ujar Edyson, Senin (31/7/2023).

Dia menuturkan, tanggung jawab pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas individu peserta didik yakni dengan memberikan bagi peserta didik yang berprestasi, peningkatan sarana dan prasarana, memberikan bantuan pendidikan melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

ADE S

Kemudian tanggung jawab orang tua adalah mendidik anak, mendukung tumbuh kembang anak sesuai kemampuan yang dimiliki, mendukung anak dalam budaya , dan memberikan dan budi pekerti.

”Terkait tanggung jawab sekolah yakni harus bisa meningkatkan kedisiplinan dan , menanamkan kegemaran membaca, menciptakan suasana sekolah yang ramah untuk pendidikan dan pembelajaran,” jelasnya.

Selain itu, kualitas guru juga perlu terus ditingkatkan, melalui peningkatan literasi, mengikuti berbagai pelatihan yang menunjang kualitas guru, melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, peningkatan kedisiplinan, dan lainnya.

”Kepada peserta didik, saya mengimbau untuk disiplin dalam mengikuti kegiatan belajar, gemar membaca, berkarakter Pancasila, menjauhi pergaulan yang dapat merusak dan masa depan, serta memiliki adab yang baik,” pungkasnya. (ahs)