Bangun Generasi Muda Islam Berakhlak Melalui Festival Gema Muharram

2ccecdda c71a 46f3 8707 9815d0dd5007
Plt Sekda Gumas, Richard ketika memukul rebana sebagai tanda dimulai Festival Gema Muharram tahun baru Islam 1445 H, di Masjid Agung Darun Najah, Minggu (30/7/2023)

, – Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia () Kabupaten melaksanakan 1445 Hijriah tingkat SD, MI, TKA, TPA dan TPQ tahun 2023.

”Festival ini merupakan momentum bertekad untuk bangkit, kembali membangun diri dan masyarakat melalui program sekolah, sesuai tema kegiatan yakni membangun generasi muda Islam berakhlak dan bersemangat,” ujar Plt Sekda Gumas, Richard, Minggu (30/7/2023).

Dia menuturkan, semua umat Islam di daerah ini perlu memahami dan memaknai festival gema muharam dalam memperingati tahun baru Islam 1445 hijriah. Ini dapat dijadikan sebagai teladan membangun kehidupan berbangsa untuk menuju masa depan yang lebih baik.

ADE S

”Peringatan tahun baru Islam 1445 hijriah ini saya anggap memiliki arti dan makna yang sangat dalam. Tidak saja bagi kehidupan umat Islam, tetapi bagi kita semua. Dari sinilah kita bisa menyaksikan apa yang dikenal dengan persamaan,” tuturnya.

Pada momentum tahun baru hijriah ini, mari mendalami nilai untuk membangun daerah yang berkeadilan, berperadaban tinggi, dan menjamin kemerdekaan untuk beribadah dengan keyakinan masing-masing, agar lebih aman dan tentram bagi semua.

Terpisah, Ketua Panitia Isnaini mengatakan festival yang setiap tahun digelar pada bulan muharram untuk memperingati tahun baru Islam 1445 hijriah ini, bertujuan untuk mensiarkan dan membina yang hubungan baik antara TPA, TKA, dan TPQ di Kabupaten Gumas.

”Festival diikuti oleh 161 peserta lomba, terdiri dari lomba muazin 30 peserta, lomba Tahfiz Alquran jus 30 putra 10 peserta, lomba Tahfiz Alquran jus 30 putri 12 peserta, lomba dai putra tiga peserta, lomba daiyah putri tiga peserta serta lomba mewarna 105 peserta,” tandasnya. (ahs)