Jangan Hanya Sekadar Seremonial dalam Pemilihan Duta Baca

1092e3ba ad4f 4577 983c feed2b9485aa
Anggota DPRD Kabupaten Gumas, Iceu Purnamasari ketika bersama warga Kuala Kurun

, – Saat ini, pemilihan pada tingkat pelajar SMA sederajat di Kabupaten Gumas tahun 2023 sudah dilakukan.

Terpilih juara pertama yakni Ardia Stiven dari SMAN 1 Sepang, juara kedua diraih Noverdy Admajaya dari , serta juara ketiga diraih Rachel Renzia Herry dari SMKN 1 Rungan Hulu.

“Saya ingin pemilihan duta baca tidak hanya jadi sekadar seremonial belaka. Kami harap pemilihan duta baca merupakan salah satu bentuk promosi budaya atau membaca,” ujar Anggota Kabupaten Gumas Iceu Purnamasari, Minggu (6/8/2023).

Dia menuturkan, pemilihan duta baca sangat positif karena itu mencerminkan keseriusan Pemkab untuk memajukan sektor , melalui promosi budaya membaca, serta mendukung program smart human resources yakni pengembangan SDM yang unggul.

“Pemilihan duta baca dapat dijadikan motivasi dan ikhtiar dalam mengajak masyarakat menjadikan kegiatan membaca sebagai budaya. Jadikan ini sebagai kebangkitan semangat generasi muda untuk lebih peduli terhadap budaya membaca,” ujarnya.

Politisi Partai ini mengatakan, budaya membaca harus ditanamkan sejak dini untuk mewujudkan program smart human resources. Untuk itu, figur duta baca diharapkan mampu mempercepat budaya membaca di masyarakat, terutama generasi muda dan anak-anak.

“Saya ingin pelajar yang terpilih menjadi duta baca, dapat menyosialisasikan manfaat dari membaca, karena itu sangat penting untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan,” pungkasnya. (ahs)