Bupati Kukuhkan Ketua DAD Kecamatan se-Gunung Mas

IMG 20230824 WA0053
Bupati yang juga Ketua DAD Gumas Jaya S Monong mengukuhkan Ketua DAD kecamatan, di aula kantor DAD setempat, Kamis (24/8/2023)

, – Bupati yang juga sekaligus Ketua Umum DAD Kabupaten Jaya S Monong mengukuhkan Ketua DAD kecamatan, sekaligus membuka rapat kerja (raker) DAD dengan seluruh kepala se Kabupaten Gumas tahun 2023.

”Saya sudah mengukuhkan seluruh camat menjadi ketua DAD kecamatan. Tentu tugas dan tanggung jawab ini harus dilaksanakan dengan baik, dan sesuai aturan adat yang berlaku,” kata Jaya, Kamis (24/8/2023).

Sebagai ketua DAD kecamatan, harus menjaga nama baik lembaga dan daerah. Caranya dengan tidak terlibat , baik itu sebagai pemakai atau pengedar, tidak melanggar norma adat, tidak terlibat perjudian, tidak , dan hal-hal lain yang bisa mencoreng nama baik.

”Mari menjaga nama baik dan menjunjung tinggi kehormatan DAD. Di samping itu, harus bisa bersinergi dengan stakeholder yang ada untuk membangun Kabupaten Gumas,” tuturnya.

Terkait raker DAD dengan seluruh damang kepala adat se Kabupaten Gumas, kata dia, diharapkan dapat merumuskan dan menetapkan keputusan yang mengacu pada aturan adat, perda maupun perbup yang ada.

”Setiap keputusan adat yang sudah disepakati, jangan sampai keluar dari aturan adat. Itu harus diseragamkan dan dilaksanakan sampai pada tingkat mantir adat. adat harus selaras dan bersinergi dengan hukum positif,” terangnya.

Dia menuturkan, ada beberapa hal yang perlu dibahas dalam raker tersebut. Salah satunya yakni pembahasan aturan terkait kapan waktu penggunaan mandau oleh masyarakat. Harus diperhatikan mana kegiatan yang perlu membawa mandau, dan mana yang tidak.

”Ini harus dirumuskan dan ditetapkan sehingga tidak terjadi salah persepsi dalam penggunaan mandau. Semua harus tunduk. Bagi yang melanggar akan ada sanksi adat. Jangan sampai mengurangi wibawa dan merusak adat kita,” jelasnya.

Selain itu, yang perlu juga dibahas yakni terkait program tahun 2024. Rencananya, DAD Kabupaten Gumas bersama dengan damang dan mantir akan menggelar acara Pumpung Hai di Desa Tumbang Anoi, Kecamatan Damang Batu. (ahs)