Pelajar SMAN 1 Kurun Juara Turnamen Catur Putra Pelajar SMA

WhatsApp Image 2023 09 06 at 4.12.25 PM
Kepala SMAN 1 Kurun Batuah, Rio Devasya dan guru SMAN 1 Kurun Margono ketika menunjukkan piala juara satu open turnamen catur putra tingkat pelajar SMA sederajat, dalam rangka pra PON zona Kalimantan dan Bali, Rabu (6/9/2023)

, – Seorang pelajar SMAN 1 Kurun Rio Devasya (17) berhasil menjadi juara satu open turnamen putra tingkat pelajar SMA sederajat, dalam rangka pra PO zona Kalimantan dan Bali.

”Kami bangga dengan prestasi yang diraihnya. Saat berangkat mengikuti lomba, difasilitasi oleh sekolah dengan menggunakan Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) di sekolah,” ujar Kepala SMAN 1 Kurun, Batuah, Rabu (6/9/2023).

Dia menuturkan, sekolah selalu mendukung jika ada pelajar SMAN 1 Kurun yang ingin mengikuti perlombaan atau kompetisi di luar daerah, karena itu merupakan bagian dari memberi kesempatan kepada mereka untuk mengembangkan bakat minat dan prestasi.

”Jika ada lomba catur berikutnya, kami siap mendukung. Rencananya Rio Devasya akan kembali mengikuti kejuaraan catur tingkat provinsi, di Kota Pangkalanbun, Kabupaten Kotawaringin Barat. Kalau ada kesempatan, kami akan mengantarnya ke sana,” tuturnya.

Sementara itu, Rio Devasya mengatakan, ketertarikannya terhadap catur dimulai sejak masih duduk di bangku SD. Saat itu, remaja kelahiran 30 Maret tahun 2007 ini melihat ada orang yang bermain catur. Dari situlah dia mulai tertarik.

”Saya mulai mempelajari strategi dalam permainan catur ini secara otodidak, dan juga belajar dari youtube,” ujarnya.

Sampai saat ini, sudah ada beberapa prestasi yang sudah diraih dalam olahraga catur, yakni juara tiga catur cepat tingkat pelajar se-Provinsi dalam rangka memperingati hari pendidikan , juara dua catur kilat di kategori U-17 pada tahun 2023, serta juara satu catur cepat putra antar pelajar SMA dalam rangka zona Kalimantan dan Bali.

”Untuk keikutsertaan dalam lomba catur cepat putra antar pelajar SMA sederajat ini hanya difasilitasi sekolah,” tukasnya. (ahs)