Kehadiran Listrik Mampu Geliatkan Perekonomian Desa

, – Tiga desa di , Kabupaten Gumas yakni , Tumbang Lapan dan Sangal sudah menikmati layanan dari . Kehadiran layanan listrik PLN ini, harus dimanfaatkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

”Kami menyambut baik kehadiran layanan listrik dari PLN di tiga desa tadi, yang diharapkan dapat menggeliatkan perekonomian masyarakat,” ujar Anggota DPRD Kabupaten Gumas, Punding S Merang, Rabu (6/9/2023).

Dia mengatakan, layanan listrik itu dapat dimanfaatkan masyarakat untuk melirik berbagai peluang usaha, baik itu yang masuk kategori skala mikro, kecil, maupun menengah, seperti berjualan es, membuka jasa fotocopy, serta usaha lainnya.

”Peluang usaha yang bisa digeluti masyarakat tidak harus langsung berskala besar. Terlebih dahulu dimulai dari yang skala kecil,” katanya.

Politisi Partai ini mengapresiasi jajaran pemerintah kabupaten (pemkab), PLN, pemerintah pusat, dan pihak terkait yang sudah berjuang agar listrik PLN bisa dinikmati oleh masyarakat tiga desa tadi.

”Masyarakat di tiga desa tersebu juga mendukung dan tidak menghambat proses percepatan penyambungan jaringan listrik, seperti membersihkan pohon yang berada di jalur jaringan listrik,” tuturnya.

Sementara itu, Manager PLN Unit ULP Kurun Kurun Rizal Bayuaji mengakui, dari 127 desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Gumas, masih ada belasan desa yang belum teraliri listrik PLN.

”Kami menargetkan pada tahun 2024, layanan listrik PLN sudah teraliri di seluruh desa/kelurahan,” pungkasnya. (ahs)