Pemkab dan IBI Harus Bersinergi Meningkatkan SDM

WhatsApp Image 2023 09 12 at 4.53.10 PM
Bupati Gumas Jaya Samaya Monong yang diwakili Asisten I Setda Lurand, Asisten III Letus Guntur, Ketua Pengurus Daerah IBI Provinsi Kalteng Noorhani Machdat, Ketua Pengurus Cabang IBI Gumas Yetri Rayunie, dan Ketua Panitia Meyliawati, melakukan pemotongan tumpeng pada peringatan HUT IBI ke-72 tahun 2023, di GPU Damang Batu, Selasa (12/9/2023)

, – Pengurus cabang Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten menggelar peringatan HUT ke-72 tahun 2023 secara sederhana, yang mengambil tema satukan langkah dalam transformasi untuk penguatan pelayanan kebidanan berkesinambungan berbasis bukti.

”Di usia yang sekarang, kami ingin seluruh bidan yang tergabung dalam organisasi IBI bersinergi dengan Pemkab dalam meningkatkan SDM, terutama pada sektor kesehatan,” ujar Bupati Gumas Jaya S Monong melalui Asisten I Setda Lurand, Selasa (12/9/2023).

Dia menuturkan, pembangunan SDM dimulai dengan jaminan kesehatan , bayi, balita dan anak sekolah, karena merupakan umur emas untuk mencetak manusia yang unggul, sehingga jangan sampai ada kematian bayi dan ibu yang meningkat setiap tahun.

”Kami juga ingin IBI harus terus tumbuh dan memberikan kontribusi melayani masyarakat, serta meningkatkan kapasitas bidan dalam hal peningkatan kualitas pelayanan KIA, KB dan reproduksi,” tuturnya.

Saat ini, Pemkab juga berupaya melalui berbagai program untuk penanganan . Bidan sebagai tenaga kesehatan profesional dalam pelayanan ibu dan bayi, memiliki peran strategis dalam program itu.

”Kami harapkan bidan juga ikut menggerakkan masyarakat untuk menyukseskan program itu, agar jangan sampai ada stunting. Mari bersama ciptakan masyarakat yang sehat dan berkualitas,” katanya.

Terpisah, Ketua Panitia Meyliawati menyampaikan melalui peringatan HUT IBI ke-72, diharapkan bidan mampu meningkatkan kapasitas dalam peningkatan kualitas pelayanan KIA-KB dan kesehatan reproduksi, meningkatkan kepedulian anggota IBI kepada masyarakat dalam pelayanan KIA, serta penguatan persatuan anggota terhadap organisasi dalam wadah IBI.

”Pada peringatan HUT IBI ini, kami juga melakukan berbagai kegiatan berupa bakti berupa pemeriksaan , tes IVA, pelayanan KB dan imunisasi di Puskesmas Tewang Pajangan, anjangsana atau kunjungan ke sesepuh IBI, hingga seminar,” tukasnya. (ahs)