Bidan Berperan Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi

WhatsApp Image 2023 09 12 at 4.55.02 PM
Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Gumas, Iceu Purnamasari (batik kuning), menghadiri peringatan HUT IBI ke-72 tahun 2023, di GPU Damang Batu, Selasa (12/9/2023)

, – Seluruh bidan di Kabupaten Gumas diminta untuk memberikan kontribusi dalam melayani masyarakat, khususnya pelayanan ibu dan anak (KIA), KB, dan , sehingga mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

”Keberadaan bidan sangat berperan di sektor kesehatan. Selama ini, saya menilai bidan terus bekerja menekan angka kematian ibu dan hingga ,” ujar Ketua Komisi III Kabupaten Gumas Iceu Purnamasari, Selasa (12/9/2023).

Dia mengatakan, organisasi IBI yang menaungi para bidan juga dapat memberikan motivasi kepada seluruh bidan untuk berkarya melayani masyarakat. Pelayanan yang diberikan berupa mengajak ibu hamil memeriksakan kandungan ke fasilitas kesehatan.

”Kalau memeriksakan ke fasilitas kesehatan, maka diharapkan tumbuh kembang janin akan terpantau dan mencegah terjadi peningkatan angka kematian ibu dan bayi,” jelasnya.

Dia juga berpesan kepada semua bidan di Kabupaten Gumas agar terus memberi pemahaman mengenai bahaya pernikahan di usia anak sehingga dapat mencegah stunting pada bayi dan hal lain yang tidak diinginkan.

”Jadi tidak hanya memberikan penanganan dalam proses persalinan, tetapi bidan juga harus memberi pemahaman ke masyarakat terkait bahaya pernikahan usia anak dan pentingnya ibu hamil memeriksakan kandungan ke faskes,” pungkasnya. (ahs)