Pj Kades Harus Berinovasi Memajukan Desa

WhatsApp Image 2023 09 14 at 1.00.39 PM
Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Gumas, H Gumer

, – Sejumlah Pj kades di Kabupaten telah dilantik dan diambil sumpah janji, diantaranya Pj Kades Sangal, Parempei, dan Luwuk Langkuas. Sebagai pemimpin desa, tentu ini harus dijadikan momen mewujudkan tujuan bersama, yakni peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

“Kepada Pj kades yang sudah diberikan amanah, saya minta agar bekerja dengan tulus, ikhlas dan mengayomi masyarakat. Jangan menjalankan tugas yang dipercayakan dengan setengah hati,” ujar Ketua Komisi I Kabupaten Gumas, H Gumer, Kamis (14/9/2023).

Dia mengatakan, seorang Pj kades harus memberi pelayanan yang maksimal kepada masyarakat desa, walau mereka juga merangkap jabatan lain di kantor kecamatan. Mereka harus menjadi teladan dengan menjunjung tinggi nilai kejujuran, transparansi, dan kesederhanaan.

“Pj kades merupakan seorang yang merangkap jabatan di kantor kecamatan. Jadi mereka harus bisa membagi waktu, sehingga akan lebih maksimal dalam melayani masyarakat di desa,” katanya.

Dia meminta kepada Pj kades untuk membenahi desa menjadi lebih baik. Dalam tugas memimpin desa, harus ada sentuhan personal dan empati tinggi terhadap kebutuhan masyarakat.

“Saya ingin kepada Pj Kades agar bekerja dengan tidak membeda-bedakan atau tidak memihak salah satu golongan, dengan merangkul semua masyarakat,” terangnya.

Dia berharap kepada Pj kades agar memiliki inovasi dan kolaborasi yang kuat untuk memajukan desa. Mereka diharapkan dapat mengaktifkan program yang berkelanjutan, mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya lokal, serta memperkuat perekonomian desa.

“Jadikan perubahan kepemimpinan desa ini sebagai kesempatan merenung, evaluasi, dan merefleksikan apa yang sudah dicapai, serta harus diperbaiki di masa mendatang,” pungkasnya. (ahs)