Keberadaan UT Diharapkan Katingan Akan Bertambah Maju

BALANGANEWS, – Keberadaan Universitas Terbuka (UT) di Kasongan , ke depannya diharapkan Katingan akan bertambah maju. Harapan ini diungkapkan , saat dirinya melaksanakan peletakkan batu pertama berdirinya UT di Kasongan, Kamis pagi (14/9/2023) yang bertempat di komplek perkantoran – Kasongan.

Pasalnya, dengan berdirinya UT di Kasongan ini menurutnya, berarti akan bertambah lagi perguruan tinggi yang ada di Katingan. Kalau sebelumnya hanya dua perguruan tinggi saja, yakni Universitas Palangkaraya () kampus II Kasongan dan Universitas Darwan Ali (), kini menjadi tiga perguruan tinggi.

Artinya, kalau sebelumnya hanya sebagian besar masyarakat Katingan yang agak dekat dengan kota Kasongan saja yang berkeinginan melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi, ke depannya menurutnya akan Lebih banyak lagi masyarakat kita yang jauh dari ibukota Katingan yang berniat untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. “Karena, di samping tidak mengeluarkan biaya kos-kosan, perkuliahannya pun dengan sistem daring atau online,” kata Sakariyas.

Bahkan, di UT ini menurutnya jenjang perkuliahannya bukan hanya Strata (S1) saja, tapi juga S2 dan S3. Jadi, ada kesempatan pula bagi Pegawai Negeri Sipil () yang tidak punya waktu untuk melanjutkan S2 dan S3-nya lantaran terbentur dengan waktu kerjanya sebagai PNS untuk melanjutkan jenjang pendidikannya ke S2 dan S3.

Selanjutnya, dengan kian banyaknya masyarakat Katingan yang mengecap pendidikan, baik jenjang S1, S2 maupun S3, dirinya berharap akan semakin bertambah pula Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Katingan. Dan dengan semakin banyaknya masyarakat Katingan yang mempunyai SDM yang mumpuni, akan semakin meningkat pula skill di masyarakat kita, yang akan berdampak terhadap bertambah majunya di bumi Penyang Hinje Simpei ini. “Karena, untuk lebih meningkatkan pembangunan di daerah, dibutuhkan SDM-SDM yang handal,” harap orang nomor satu di bumi Penyang Hinje Simpei ini.

Terkait dengan dibukanya UT di Kasongan ini, dirinya mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada Rektor UT Pusat dan Rektor UT Palangka Raya beserta jajarannya. (abu)