Polres Gumas Gelar Simulasi Pengamanan TPS

Whatsapp Image 2023 10 18 At 2.03.08 Pm
Suasana simulasi pengamanan TPS yang dilaksanakan jajaran Polres Gumas bersama instansi terkait, Rabu (18/10/2023)

, melaksanakan simulasi pengamanan TPS. Ini merupakan bagian dari persiapan dalam menghadapi tahun 2024.

”Simulasi ini untuk meningkatkan kesiapan dan koordinasi personel Polres dalam menjaga Kamtibmas selama proses pelaksanaan pemungutan suara di TPS,” ujar Kapolres Gumas AKBP Asep Bangbang Saputra, Rabu (18/10/2023).

Dalam simulasi itu dilaksanakan skenario yang mungkin terjadi saat pemungutan suara pada TPS, seperti pengendalian massa, penghitungan suara, penanganan pelanggaran , hingga pemantauan lokasi pemungutan suara yang dianggap berpotensi rawan.

”Simulasi menjadi gambaran terkait apa saja kemungkinan yang terjadi selama pemungutan suara, dengan mempersiapkan respon cepat personel dalam rangka antisipasi jika terjadi situasi terburuk,” terangnya.

Dia menuturkan, pengamanan dalam proses pemungutan suara sangat penting. Ini untuk memastikan masyarakat dapat memberikan hak suara dengan aman dan tanpa gangguan.

”Seluruh personel harus siap dan waspada saat menjaga keamanan pemungutan suara. Sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai penegak hukum untuk jaga ketertiban selama pemilu berlangsung,” tuturnya.

Dia mengingatkan personel yang terlibat pengamanan TPS, agar mempersiapkan diri dan perlengkapan pengamanan. Harus bertanggung jawab dan tetap menjaga netralitas di pelaksanaan tugas pengamanan pemungutan suara. Sikap netralitas merupakan kunci dalam proses pemilihan yang demokratis.

Terpisah, Ketua KPU Kabupaten Gumas, Stepenson menambahkan, persiapan yang matang dan simulasi yang dilakukan Polres akan memberikan keyakinan kepada masyarakat, bahwa pemilu akan berjalan dengan aman, tertib, dan jujur.

”Kami mengapresiasi berbagai simulasi yang dilakukan oleh dalam pengamanan pemilu. Dengan demikian, seluruh pihak yang terlibat dalam pemilu akan mengetahui fungsi dan tugas,” pungkasnya. (ahs)