Polres Gumas Gelar Pertemuan Lintas Sektor

Whatsapp Image 2023 10 20 At 2.09.54 Pm
Kapolres Gumas AKBP Asep Bangbang Saputra, Kajari Sahroni, Pj Sekda Richard, Ketua KPU Stepenson, Ketua Bawaslu Yepta H Jinal melakukan pertemuan dalam rangka pengamanan pemilu, di aula Bhayangkari Polres Gumas, Jumat (20/10/2023)

BALANGANEWS, melaksanakan pertemuan lintas sektor dengan sejumlah pihak terkait seperti pemerintah daerah, TNI kejaksaan, pengadilan, KPU, , serta terkait.

“Pertemuan ini untuk memperkuat koordinasi dalam upaya menjaga Kamtibmas yang kondusif selama pelaksanaan pemilu tahun 2024,” ujar Kapolres AKBP Asep Bangbang Saputra, Jumat (20/10/2023).

Dia mengatakan, ada berbagai aspek yang dibahas dalam pertemuan itu, seperti yang berkaitan dengan persiapan dan keamanan, untuk memastikan semua tahapan pemilu baik itu , Pilpres dan bisa berjalan aman dan lancar.

“Hal penting yang juga dibahas yakni pengaturan pengamanan di sekitar TPS, pengiriman logistik pemilu, dan pemantauan terhadap adanya potensi pelanggaran yang mungkin terjadi selama proses pemilu,” katanya.

Dia menuturkan, pertemuan ini juga dilakukan untuk pertukaran informasi dan koordinasi antara para pemangku kepentingan, yang terkait dengan berbagai permasalahan yang terjadi selama pemilu, seperti pelaporan pelanggaran atau terjadi kecurangan dalam proses pemungutan suara.

“Keamanan dan ketertiban harus dijaga agar proses demokrasi berjalan dengan baik, dan masyarakat dapat menggunakan hak pilih dengan aman serta nyaman,” tuturnya.

Dalam rangka mewujudkan pemilu damai dan sukses, penting dilakukan kerjasama dan koordinasi lintas sektor, dalam rangka mitigasi potensi konflik atau gangguan keamanan selama tahapan pemilu. Dari KPU dan Bawaslu juga harus memberikan panduan dan aturan yang harus diikuti seluruh pihak terkait.

“Kami ingin seluruh pihak terus bertekad untuk mendukung demokrasi yang berkualitas, sehingga mewujudkan pelaksanaan pemilu yang berjalan sukses,” pungkasnya. (ahs)