Pesparawi VII tingkat Kabupaten Pertandingkan 11 Kategori Lomba

Whatsapp Image 2023 10 26 At 3.58.35 Pm
Bupati Gumas Jaya S Monong didampingi Wakil Bupati Efrensia LP Umbing, Kapolres AKBP Asep Bangbang Saputra, Kajari Sahroni, Ketua PN Bukti Firmansyah, Pabung Kodim 1016/Plk Letkol Inf Maksun Abadi dan lainnya, ketika berfoto bersama usai pembukaan Pesparawi VII tingkat kabupaten tahun 2023, di Kelurahan Tumbang Napoi, Kecamatan Miri Manasa, Rabu (25/10/2023) malam

, KUALA KURUN tingkat Kabupaten tahun 2023 di Kelurahan Tumbang Napoi, Kecamatan Miri Manasa resmi dimulai dari 25-28 Oktober 2023.

Even ini mengambil tema nyanyikanlah nyanyian syukur bagi tuhan dan sub tema Pesparawi sebagai pemersatu umat beragama yang menghargai keberagaman menuju sejahtera, berkeadilan dan bermartabat.

”Pesparawi memiliki arti penting bagi kehidupan umat kristen, karena menjadi ungkapan suka cita sebagai pesta iman, serta bentuk ibadah syukur gerejawi dan puji-pujian, sekaligus merupakan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ujar Bupati Gumas Jaya S Monong, Rabu (25/10/2023) malam.

Dia menuturkan, Pesparawi juga merupakan sarana peningkatan kualitas SDM di bidang yang bernafaskan kekristenan, dan sebagai sumber motivasi dan inspirasi untuk mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan di tengah kebhinekaan dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan.

”Pesparawi merupakan perwujudan iman kristen dalam kehidupan berjemaat, bermasyarakat, berbangsa, bernegara, yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” tuturnya.

Beranjak dari tema dan sub tema Pesparawi ini, dia mengajak semua masyarakat untuk membangun Kabupaten Gumas dalam kebersamaan dan kesetaraan yang berkepribadian tanpa memandang dari ras, suku dan golongan yang berdasarkan ajaran agama dianut, dan yakini sebagai pondasi dasar untuk membentuk nilai-nilai luhur setiap insan.

”Saya minta kepada seluruh kontingen Pesparawi agar mengikuti lomba jangan hanya untuk bernyanyi dan memperoleh predikat terbaik, tetapi kehadiran kita adalah memberikan rasa kesejukan membawa berita damai melalui aktivitas seni suara yang dilantunkan untuk memuji sang khalik,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pesparawi VII tingkat kabupaten Lurand menuturkan Pesparawi dimaksud sebagai sarana tingkatkan kesadaran beragama, kehidupan iman dan takwa sesuai Pancasila dan UUD 1945, memupuk tali persaudaraan, rasa cerminan kebersamaan dan kesatuan umat kristen di Kabupaten Gumas.

”Tujuan Pesparawi yakni untuk seleksi kontingen mengikuti Pesparawi Tingkat Provinsi Kalteng tahun 2024, menampung aspirasi umat kristen dalam pembinaan kerohanian melalui kreasi dan seni budaya yang bernafaskan kristen, meningkatkan kualitas paduan suara, pertukaran pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki,” tuturnya.

Pesparawi VII tahun 2023 tingkat kabupaten diikuti kontingen dari 12 kecamatan dengan total jumlah peserta dan official sebanyak 1.762 orang.

Rinciannya, 185 peserta, Sepang 135 peserta, Mihing Raya 180 peserta, Kahayan Hulu Utara 148 peserta, Damang Batu 152 peserta, Miri Manasa 162 peserta, Rungan 150 peserta, Rungan Hulu 150 peserta, Rungan Barat 80 peserta, Manuhing 165 peserta, dan Manuhing Raya 120 peserta.

Tercatat ada 11 kategori yang diperlombakan dalam Pesparawi VII, yakni paduan suara dewasa campuran, paduan suara pria, wanita, anak, dan remaja/pemuda, vokal grup, solis anak pada usia 6-8 tahun dan 9-12 tahun, solis remaja putra-putri serta musik pop gerejawi.

”Seluruh rangkaian kegiatan Pesparawi VII bersumber dari hibah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) tahun 2023, melalui LPPD berjumlah Rp2.610.712.000 serta ditambah dari usaha dana panitia dari sumber yang tidak mengikat,” tukasnya. (ahs)