Evaluasi Kendala dan Permasalahan dalam Penilaian KLA

Whatsapp Image 2023 11 16 At 3.02.26 Pm
Suasana rapat pembinaan KLA yang dihadiri oleh berbagai pihak terkait, di aula kantor Bappedalitbang setempat, pekan lalu

, – Dinas Pengendalian Penduduk, Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten bekerjasama Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan (DP3APPKB) Provinsi melaksanakan rapat pembinaan Kabupaten Layak Anak (KLA).

”Pembinaan KLA ini untuk mengevaluasi hasil dari penilaian tahun 2023, serta apa yang menjadi permasalahan dan kendala yang dihadapi dalam penilaian KLA,” kata Kepala DP2KBP3A Kabupaten Gumas, Rina Sari, Kamis (16/11/2023).

Selanjutnya, pembinaan tersebut juga untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan implementasi kebijakan serta memperkuat komitmen pendampingan dan evaluasi KLA yang dilakukan oleh .

”Dengan upaya tersebut, kami yakin akan terwujud pembangunan yang peduli terhadap anak dan perlindungan khusus anak,” tuturnya.

Dalam pembinaan KLA, diperlukan upaya meningkatkan koordinasi pengawasan terhadap penyelenggaraan urusan dalam kebijakan di Kabupaten Gumas, serta meningkatkan pemahaman pemangku kebijakan pengembangan KLA.

Terpisah, Ketua Panitia yang juga menjabat sebagai JFT Perencana Ahli Muda DP3APPKB Provinsi Kalteng Rusilawati mengakui, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para pelaku pemangku kebijakan kabupaten dalam pengembangan KLA di daerah, mempersiapkan evaluasi pengembangan dengan membangun persepsi yang sama tentang indikator pengembangan KLA.

”Kami juga ingin meningkatkan kapasitas serta koordinasi antara provinsi dengan kabupaten dalam upaya pencapaian pengembangan KLA,” tandasnya. (ahs)