Pelaku UKM Harus Kembangkan Potensi Lokal

Whatsapp Image 2023 12 03 At 12.51.32 Pm

, – Anggota Kabupaten , Untung Jaya Bangas meminta kepada para pelaku usaha kecil menengah (UKM), untuk dapat lebih memperhatikan dan mengembangkan potensi lokal yang dimiliki di daerah ini.

“Dalam mengembangkan usaha, pelaku UKM harus lebih kreatif, sehingga usaha yang dimiliki semakin maju. Kreatif itu artinya mampu ciptakan produk bernilai jual dari bahan baku lokal yang banyak tersedia,” ujar Untung, Minggu (3/12/2023).

Misalnya, ketika musim panen buah pasti harganya jadi sangat murah. Tidak jarang ada buah yang tidak laku terjual, sehingga busuk dan menyebabkan kerugian. Tentu ini harus menjadi peluang usaha baru yang dapat dikembangkan pelaku UKM, dengan mengolah kembali ke beragam bentuk olahan baru.

“Jika kreatif, hasil panen buah yang melimpah itu dapat diolah menjadi dodol atau keripik, sehingga akan memiliki nilai jual lebih dan tidak terbuang percuma karena busuk,” tuturnya.

Sekarang ini, banyak potensi daerah yang belum dibuka secara luas dan perlu diperhatikan. Contoh dalam pemanfaatan sumber daya alam yang diolah, sehingga memiliki nilai jual. Untuk itu, penting bagi pelaku UKM dalam memiliki kreativitas dan mau berinovasi.

“Kami ingin pengelolaan potensi sumber daya alam yang dimiliki tidak kalah dari daerah lain, dan dapat menciptakan kesejahteraan untuk masyarakat lokal,” terangnya.

Dia berharap, para pelaku UKM tidak hanya terpaku menjadi pelaku UKM tersier atau penyalur produk, tetapi juga menjadi pelaku UKM kategori primer atau produsen.

“Kami melihat secara regulasi, perkembangan pelaku UKM di Kabupaten Gumas selalu dapat memenuhi kebutuhan secara mandiri, tanpa harus bergantung dengan bahan baku dari luar daerah,” tandasnya. (ahs)