Penampilan Siswa SMP di Gebyar SMP 2023 Menakjubkan Pengunjung

WhatsApp Image 2023 03 28 at 10.00.32 AM
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Katingan, Feriso, SE

, – Penampilan ratusan siswa yang berasal dari 26 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di dalam even Gebyar SMP tahun 2023 yang digelar di halaman (Disdik) Kabupaten sejak Kamis (30/11/2023) hingga Sabtu malam (2/12/2023) yang lalu baru lalu sangat menakjubkan ratusan pengunjung.

Bahkan, kepala Disdik setempat, Feriso, dewan M Hasrun, salah seorang tokoh masyarakat dan puluhan guru serta kepala sekolah juga mengaku sangat terkesima saat menyaksikan semua penampilan siswa dari berbagai jenis inovasi dan karakter yang ditampilkan para finalis dan sang juara. “Semua inovasi dan karakter serta bakat yang ditampilkan mereka memang mengagumkan,” kata Feriso, usai menutup kegiatan tersebut, Sabtu malam (2/12/2023) kemarin.

Selain merasa bangga, dirinya juga mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada panitia pelaksana, kepada seluruh perserta, kepala sekolah guru pembimbing dan para guru lainnya yang turut hadir dan mengikuti Gebyar SMP tahun 2023 tingkat ini.

Jika kita perhatikan bersama, dari even ini pula, meskipun hanya berlangsung selama empat hari saja namun kita menurutnya sudah bisa mengambil kesimpulan untuk memberikan penilaian tentang kemampuan bakat dan karakter masing-masing siswa. “Sehingga, tinggal kita poles dan membinanya saja, dengan harapan siswa tersebut dapat menjadi sukses dalam menggapai bakatnya,” katanya.

Terkait semua lomba yang ditampilkan oleh masing-masing peserta di dalam even ini pula, baik lomba karungut, bercerita dalam bahasa , lomba pidato dan sejumlah lomba lainnya menurutnya tidak kalah bersaing dengan Kabupaten dan Kota di . Bahkan, penampilannya sudah termasuk di dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM) dalam rangka pengembangan karakter peserta didik.

Oleh karena itu, lanjutnya, seperti yang kita harapkan semua dan harapan dari guru serta harapan dari ketua dewan pendidikan M Hasrun, kegiatan seperti ini hendaknya digelar secara rutin dan berkelanjutan. Pasalnya, kegiatan ini merupakan salah satu SPM di bidang pendidikan. Oleh karena itu, siapapun yang menjadi pejabatnya nanti dan siapapun Bupatinya nanti, hendaknya kegiatan ini tetap dilanjutkan. “Karena, kegiatan yang positif ini sungguh bermanfaat bagi peserta didik pada khususnya dan bagi masyarakat Katingan pada umumnya serta bagi semua sekolah,” ujarnya.

Manfaat dimaksud, bisa kita lihat potensi dan peluang dari anak didik kita dari kegiatan ini. Karena, di dalam kegiatan ini memang sengaja untuk diberikan peluang sebesar-besarnya kepada mereka, yaitu merdeka dalam berinovasi dan memilih kegiatan sesuai dengan karakter dan bakat yang dimiliki oleh masing-masing siswa.

“Sehingga, jika sudah lulus nanti dari SMP dan SLTA ke depannya mereka tidak hanya mampu menentukan fakultasnya saja dalam menentukan jenjang pendidikannya yang lebih tinggi, tapi juga mampu berkarya sendiri ketika memasuki usia kerja,” pungkas mantan kepala Disdukcapil ini. (abu)