Delapan Pejabat Utama dan Empat Kapolsek Dimutasi

Whatsapp Image 2023 12 06 At 4.36.05 Pm
Kapolres Gumas AKBP Asep Bangbang Saputra memimpin sertijab belasan perwira polres setempat, Rabu (6/12/2023).

BALANGANEWS, KUALA KURUN – Belasan perwira yang terdiri dari delapan pejabat utama dan empat kapolsek di lingkungan Polres mengalami pergantian, yang ditandai dengan upacara sertijab.

Prosesi upacara dimulai laporan pejabat terkait, pembacaan surat keputusan Kapolda Kalteng, pengambilan sumpah/janji, lalu penandatanganan berita acara sumpah dan pakta integritas.

Perwira yang dimutasi itu yakni AKP Marolop Purba yang sebelumnya menjabat Kasat Binmas, dimutasi menjadi PS. Kabag SDM. Lalu Kasat Binmas dijabat Iptu Edy Sudarmanto yang sebelumnya menjabat Kasiwas Polres Gumas. Untuk jabatan Kasiwas diisi oleh Iptu Joko Sumitro.

Kemudian, jabatan Kabagren Polres Gumas yang kosong dijabat AKP Dwi Agus Yustiaman yang sebelumnya bertugas sebagai PS. Kasijemenopsrek Subdit Kamsel . AKP Wawan Ridwan yang sebelumnya menjabat Kabaglog dimutasikan menjadi PS. Kasubbagdalprogar Polres . Posisinya digantikan AKP Harno yang sebelumnya menjabat Wakasat Samapta Polresta Palangka Raya.

Selanjutnya Kasat Reskrim AKP Jhon Digul Manra dimutasi menjadi Kasubbagprasintalbagfaskon Rolog . Dia digantikan AKP Nur Rahim yang sebelumnya bertugas di Pama Polda Kalteng. Lalu, Iptu Aditya Arya Nugroho yang sebelumnya menjabat Kasat , dimutasikan menjadi PS. Panit 4 Subdit 2 Ekonomi Ditintelkam Polda Kalteng. Posisinya digantikan Iptu Abi Wahyu Praestyo yang sebelumnya menjabat PS. Panit 1 Unit 3 Subdit Kemneg Polda Kalteng.

Lalu Kapolsek Kurun Ipda Arya Tanjung dimutasi menjadi Kapolsek Cempaga Hulu. Dia digantikan Ipda Muhammad Fajar Sidiq, yang sebelumnya menjabat Kanitdik Satnarkoba Polres Kobar. Lalu Kapolsek Sepang Ipda Neno Effendo dimutasikan menjadi PS. Kapolsek Dusun Tengah Polres . Penggantinya adalah Iptu Debby Susilo yang sebelumnya menjabat PS. Kapolsek Kapuas Hulu.

Kemudian, Kapolsek Tewah Ipda Teguh Triyono dimutasikan menjadi Pamin 1 Subbagrenmin Ditreskrimum Polda Kalteng. Dia digantikan Iptu Ahmad Januar Ganari yang sebelumnya menjabat Kapolsek Cempaga Hulu, Polres Kotim. Kapolsek Kahayan Hulu Utara Ipda Supono dimutasi menjadi PS Kasi Propam Polres Gumas, dia digantikan Ipda Muklisin.

“Rotasi jabatan seperti ini merupakan hal wajar dan biasa di institusi , yang bertujuan untuk penyegaran dalam meningkatkan kinerja dan layanan kepada masyarakat,” ujar Kapolres, Rabu (6/12/2023).

Dia mengatakan, sertijab ini merupakan langkah dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas tugas kepolisian melayani masyarakat. Semua pejabat yang sudah dilantik diharapkan mengemban tugas dengan penuh tanggung jawab dan integritas dalam menjaga keamanan serta ketertiban di daerah tersebut.

“Kepada pejabat yang lama, saya berterima kasih dedikasi dan pengabdian tanpa pamrih. Sedangkan pejabat yang baru, saya berpesan agar segera beradaptasi dan berkinerja maksimal dalam menjalankan tugas,” tandas pria lulusan Akpol tahun 2003 ini. (ahs)