BPN Gumas Mampu Mencapai Target Realisasi Program Strategis Nasional

Whatsapp Image 2023 12 12 At 6.18.10 Pm
Kepala BPN Kabupaten Gumas M. Zubaidi Noor dan pegawai BPN, berfoto bersama dengan awak media, usai rapat program strategis tahun 2023, Selasa (12/12/2023)

, – Pada tahun 2023, ada empat program strategis yang menjadi target dari Kantor BPN Kabupaten , diantaranya sertifikat hak atas tanah (SHAT) program PTSL partisipasi masyarakat (PM) kategori 3, SHAT non sistematis kategori 3/lintas sektor, PBT dan SHAT Redistribusi Tanah, serta PBT desa lengkap luar Jawa.

”Selama pelaksanaan, realisasi empat program strategis nasional tersebut bisa mencapai target atau 100 persen,” ujar Kepala Kantor BPN Kabupaten Gumas M. Zubardi Noor, Selasa (12/12/2023).

Dalam program strategis SHAT PTSL PM kategori 3, ditargetkan 1.864 bidang tanah di Kabupaten Gumas. Target itu mampu tercapai dan sudah dilakukan penyerahan sertifikat.

”Penyerahan sertifikat dilakukan secara simbolis oleh secara virtual pada Senin, 4 Desember 2023 lalu. Kabupaten Gumas diwakilkan dua orang penerima sertifikat,” tuturnya.

Untuk target SHAT non sistematis kategori 3/lintas sektor yakni tiga bidang tanah, target PBT dan SHAT redistribusi tanah yaitu 250 bidang tanah, serta target PBT desa lengkap luar Jawa yakni seluas 2.778 hektare dengan realisasi fisik 2.848 hektare.

”Terkait program PBT dan SHAT redistribusi tanah, telah dilakukan penyerahan sertifikat secara simbolis oleh Bupati Gumas kepada 10 penerima sertifikat di Kelurahan Tumbang Talaken, Kecamatan Manuhing pada Senin, 11 Desember 2023,” terangnya.

Di samping realisasi empat program strategis nasional, BPN Kabupaten Gumas juga merealisasikan beberapa kegiatan non program strategis nasional, yaitu penambahan peta zona nilai tanah yang mencapai 100 persen.

”Realisasi target kegiatan non program strategis nasional dengan 100 bidang tanah. Tersebar di lima kecamatan, yakni Kurun, , Mihing Raya, Sepang dan Manuhing,” katanya.

Mengenai realisasi capaian Kantor BPN Kabupaten Gumas, dari data Online Monitoring Sistem Perbendaharaan Anggaran Negara per 5 Desember sudah mencapai 82,10 persen.

”Kami proyeksikan sampai akhir tahun 2023 bisa tuntas dan tembus di angka 97 persen, yang sesuai dengan target dari pusat,” pungkasnya. (ahs)