Perlu Keterlibatan Seluruh Komponen untuk Cegah Stunting

Whatsapp Image 2023 12 14 At 12.21.13 Pm
Anggota DPRD Kabupaten Gumas Rayaniatie Djangkan (tengah) berfoto bersama dengan guru dan peserta didik SDN Tewai Baru, Kecamatan Sepang, belum lama ini.

, – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () Kabupaten () Rayaniatie Djangkan mengatakan permasalahan atau kekurangan gizi masih menjadi perhatian serius dari Pemkab setempat.Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.54.37 Pm

”Agar bisa mengurangi angka stunting, seluruh komponen terkait harus terlibat dan bersama-sama melakukan upaya pencegahan sejak dini,” ujar Raya, Kamis (14/12/2023).

Dalam upaya mencegah stunting, dibutuhkan keterlibatan seluruh komponen, khususnya petugas posyandu, puskesmas, dinas dan dinas terkait lain. Mereka harus memulai lakukan perbaikan gizi dan kehidupan masyarakat.

”Kalau stunting itu tentu merujuk pada permasalahan kemiskinan. Perlu upaya meningkatkan perekonomian masyarakat, sehingga membuat generasi muda terbebas dari stunting,” terangnya.

Dia meminta kepada Pemkab untuk selalu menjadi corong terdepan dalam hal memberikan edukasi ke masyarakat, mengenai pentingnya pemberian asupan gizi yang maksimal kepada anak sejak usia dini, terutama masa pertumbuhan.

”Pencegahan stunting dapat dimulai dari Pemkab hingga ke pemerintah desa. Contohnya dengan memanfaatkan desa untuk memberikan asupan gizi kepada balita dan membangun fasilitas kesehatan ke masyarakat,” tuturnya.

Dia menambahkan, dengan adanya sinergitas seluruh komponen masyarakat yang terlibat, maka diyakini akan dapat memaksimalkan pelaksanaan program yang sudah dibuat pemerintah pusat.

”Ini bertujuan untuk menanggulangi permasalahan gizi, sehingga nanti angka stunting dapat menurun dari tahun ke tahun,” tandasnya. (ahs)