KONI akan Selektif Membina Atlet Cabor

Ketua Umum KONI Kabupaten Gumas Richard, bersama Ketua Harian KONI Hendra Toendan dan pengurus KONI, meninjau sejumlah ruangan yang akan digunakan sebagai kantor pengurus cabor, di Stadion Mini Kuala Kurun, belum lama ini.

, – Ketua Umum Komite Indonesia () Kabupaten Richard mengakui, akan melakukan pembinaan terhadap para atlet dari seluruh cabang olahraga (cabor).

“Pembinaan itu dilakukan secara selektif, terutama atlet cabor yang potensial besar meraih prestasi di even olahraga tingkat provinsi, nasional bahkan ,” ujar Richard, Kamis (23/5/2024).

Akan tetapi, pembinaan secara selektif terhadap atlet cabor, bukan berarti ada cabor yang dinomorduakan atau dianaktirikan. KONI ingin menentukan atlet cabor mampu meraih prestasi, sehingga mengharumkan nama Kabupaten Gumas.

“Kami komitmen berlaku netral terhadap semua atlet cabor, mengayomi dan tidak ada cabor yang dianaktirikan. Melalui pembinaan selektif, maka atlet berpeluang besar meraih medali pada even olahraga yang diikuti,” jelasnya.

Selain itu, setiap cabor unggulan yang selama ini telah berhasil meraih prestasi, maka pembinaannya akan ditingkatkan secara maksimal. Selanjutnya dari KONI maupun cabor harus mampu memetakan kemampuan dari lawan, sehingga bisa melakukan persiapan latihan.

“Kemampuan dari atlet cabor unggulan harus terus ditingkatkan, sehingga saat bertanding mereka bisa menunjukkan performa yang maksimal dan meraih kemenangan dengan membawa medali,” terangnya.

Dia mengakui, pengembangan olahraga harus dilakukan lintas sektor, mengingat ada tiga hal yang harus diperhatikan, yaitu sumber daya manusia, sarana prasarana, serta dukungan dari pemerintah, masyarakat dan pihak ketiga yang sifatnya tidak mengikat.

“Pembinaan atlet cabor bukan hanya jadi tanggung jawab KONI, tetapi dari pengurus cabor juga harus membina atlet untuk meningkatkan prestasi dan siap bersaing di berbagai perlombaan,” pungkasnya. (ahs)